Show simple item record

dc.contributor.advisorBasith, Abdul
dc.contributor.authorTisondo
dc.date.accessioned2013-04-23T03:16:03Z
dc.date.available2013-04-23T03:16:03Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62708
dc.description.abstractPerkembangan musik di Indonesia sekarang telah mengalami kemajuan pesat dan menjadi semakin modern. Banyak musisi/grup band baik dengan label indie maupun label mayor yang bermunculan pada tahun 2010 ini, belum lagi ditambah musisi cilik yang turut serta dalam belantika musik Indonesia. Seiring dengan itu maka banyak bermunculan berbagai lembaga pendidikan musik untuk mewadahi para konsumen yang tertarik dalam bidang musik baik untuk para pemula atau sekedar hobi maupun bagi konsumen yang ingin memperdalam pendidikan musiknya. Banyak program dan fasilitas yang ditawarkan berbagai lembaga pendidikan musik. Konsumen akan lebih tertarik pada suatu lembaga pendidikan musik yang dapat menawarkan produk dan jasa yang berkualitas dan dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis karakteristik konsumen Purwa Caraka Music Studio Bangbarung, (2) Menganalisis hubungan antara tingkat kinerja mutu pelayanan yang diberikan dengan karakteristik konsumen Purwa Caraka Music Studio Bangbarung, (3) Menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut-atribut mutu pelayanan Purwa Caraka Music Studio Bangbarung, (4) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap mutu pelayanan yang diberikan Purwa Caraka Music Studio Bangbarung. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden dan wawancara kepada pimpinan PCMS Bangbarung. Data sekunder diperoleh dari internet, majalah, dan literatur lainnya yang berhubungan dengan topik penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode quota sampling dengan sampel sebanyak 85 konsumen. Uji validitas kuesioner dilakukan dengan dengan teknik korelasi Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Customer Satisfaction Index untuk menentukan tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh, Importance Performance Analysis digunakan untuk mengukur tingkat kepentingan konsumen dan tingkat kinerja atribut mutu jasa, dan uji Chi-Square untuk mengetahui hubungan antara karakteristik konsumen dengan kinerja atribut mutu pelayanan jasa. Pengolahan data dalam penelitian menggunakan alat bantu software Microsoft Excel 2007 dan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan alat analisis Customer Satisfaction Index diperoleh nilai sebesar 78,80% yang berarti secara umum indeks kepuasan konsumen PCMS Bangbarung berada pada kriteria puas. Berdasarkan alat analisis Importance Performance Analysis terdapat dua atribut yang diprioritaskan untuk perbaikan yaitu atribut fasilitas WC, kantin, dan parkir yang memadai serta atribut tenaga pengajar mudah ditemui atau dihubungi bila ingin berkonsultasi. Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa karakteristik konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, dan pendidikan berhubungan dengan tingkat kinerja atribut mutu pelayanan jasa PCMS Bangbarung.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Mutu Pelayanan Jasa Purwa Caraka Music Studio Bogoren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record