Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.authorSyafitri, Nova
dc.date.accessioned2013-04-23T00:43:00Z
dc.date.available2013-04-23T00:43:00Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62670
dc.description.abstractUntuk mencapai keunggulan dalam bersaing dan dapat memenangkan kompetisi yang berkembang semakin ketat saat ini, PT BPRS Al Salaam Amal Salman Cabang Warung Jambu sebagai Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang menjalankan sistem perbankan syariah membutuhkan strategi pemasaran produk yang baik dan tepat, karena PT BPRS Al Salaam Amal Salman Cabang Warung Jambu tidak hanya memiliki pesaing sesama BPR dan BPRS melainkan juga Bank Umum Syariah (BUS) yang terus bermuculan. Tujuan penelitian: (1) Menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal pada pemasaran produk PT BPRS Al Salaam Amal Salman Cabang Warung Jambu; (2) Menyusun alternatif strategi pemasaran bagi pihak manajemen PT BPRS Al Salaam Amal Salman Cabang Warung Jambu untuk meningkatkan volume penjualan produknya. Penelitian ini dilakukan di PT BPRS Al Salaam Amal Salman Cabang Warung Jambu. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan, yaitu mulai bulan Agustus sampai September 2010. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder, baik berupa kualitatif maupun kuantitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak manajemen perusahaan yang memiliki peranan yang besar dalam perumusan strategi dan pengambilan keputusan yaitu Kepala Cabang PT BPRS Al Salaam Amal Salman Cabang Warung Jambu serta penyebaran kuesioner kepada pihak manajemen perusahaan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, internet dan literatur yang berkaitan dengan penelitian. Metode pengolahan data dilakukan dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal dengan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Faktor Evaluation (EFE) kemudian dilanjutkan dengan matriks IE, SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis matriks IFE dan EFE, diperoleh nilai total IFE sebesar 2,92 dan EFE sebesar 2,76 yang menunjukkan bahwa posisi strategis internal dan eksternal perusahaan berada di atas nilai rataan (2,50) yang berarti relatif kuat dalam memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki untuk mengatasi kelemahan dan menghindari ancaman. Total skor faktor-faktor strategis internal dan eksternal tersebut menempatkan PT BPRS Al Salaam Amal Salman Cabang Warung Jambu pada sel V yang berarti pada posisi pertahankan dan pelihara (hold and maintain), dimana strategi yang termasuk dalam strategi tersebut adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan produk dan konsolidasi internal (penguatan ke dalam). Berdasarkan hasil analisis QSPM maka alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan di PT BPRS Al Salaam Amal Salman Cabang Warung Jambu berdasarkan prioritasnya adalah strategi penetrasi pasar yaitu berusaha meningkatkan pangsa pasar untuk produk atau jasa yang sudah ada dipasar melalui usaha pemasaran yang gencar, yang dapat dicapai melalui cara menambah usaha promosi, iklan dan publisitas.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleStrategi Pemasaran PT BPRS Al Salaam Amal Salman Cabang Warung Jambuen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record