Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.authorPutri, Nessia Karlina
dc.date.accessioned2013-04-22T06:02:30Z
dc.date.available2013-04-22T06:02:30Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62653
dc.description.abstractPerkembangan bisnis pariwisata rekreasi di Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan terlihat dari makin maraknya bermunculan tempat rekreasi di Indonesia. Di wilayah Jabodetabek, sudah muncul beberapa taman bermain air atau water park. Dahulu taman rekreasi air (water park) identik dengan gelanggang renang Ancol karena saat itu gelanggang renang Ancol merupakan satu-satunya tempat rekreasi air terbesar yang terletak di kawasan pantai Ancol, Jakarta Utara. PT. Taman Impian Jaya Ancol tetap ingin bersaing dengan taman rekreasi air yang baru. Salah satu cara untuk dapat tetap bersaing adalah memberikan dan mempertahankan keunggulan brand image (citra merek) dari Atlantis Water Adventure Ancol. Aktivitas pemasaran merupakan salah satu yang dapat mencerminkan brand image Atlantis Water Adventure Ancol di masyarkat. Karena pertimbangan dalam melakukan kegiatan berdasarkan bauran pemasaran akan memberikan dampak pada brand image perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisa kondisi elemen-elemen bauran pemasaran Atlantis Water Adventure Ancol, (2) Menganalisa kondisi brand image Atlantis Water Adventure Ancol saat ini serta, (3) Menganalisa hubungan antara elemen-elemen bauran pemasaran dengan brand image Atlantis Water Adventure Ancol. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer berasal dari hasil penyebaran kuesioner kepada pengunjung Atlantis Water Adventure Ancol. Data sekunder berasal dari berbagai literatur seperti buku, tulisan ilmiah, internet dan media massa. Structural Equation Modelling (SEM) untuk menganalisis pengaruh elemen bauran pemasaran terhadap Brand Image Atlantis Water Adventure Ancol dengan bantuan software LISREL 8.54. Analisis deskriptif kondisi elemen-elemen bauran pemasaran menurut responden secara keseluruhan baik, hanya variabel harga yang mendapat penilaian cukup, dan kondisi brand image Atlantis Water Adventure Ancol baik atau positif menurut responden dengan nilai berada pada range 3,41-4,20. Analisis SEM menyatakan tempat dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image Atlantis Water Adventure Ancol. Tempat mempunyai nilai loading factor () sebesar 0,44 dan t-value sebesar 3,60. Promosi mempunyai nilai loading factor () sebesar 0,23 dan t-value sebesar 2,38, sedangkan variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan dengan nilai loading factor () sebesar -0,12 dan t-value sebesar -2,27. Keempat elemen bauran pemasaran lainnya memiliki nilai loading factor dan t-value masing-masing produk sebesar 0,02, orang sebesar 0,03, lingkungan fisik sebesar 0,16 dan proses sebesar 0,14 dimana keempat elemen bauran pemasaran tersebut memiliki nilai t-value di bawah 1,96. Hasil penilaian Goodness of Fit (GOF) menyatakan model memiliki nilai chi-square sebesar 99,64, p-value sebesar 0,70485, CMIN/df sebesar 0,923, RMSEA sebesar 0,000, GFI sebesar 0,96 dan AGFI sebesar 0,94. Dari nilai-nilai tersebut dapat dinyatakan bahwa model yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan baik dan dapat diterimaen
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Pengaruh Elemen Bauran Pemasaran Terhadap Brand Image Atlantis Water Adventure Ancol Jakartaen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record