Show simple item record

dc.contributor.advisorRahmawati, Siti
dc.contributor.authorMartono
dc.date.accessioned2013-04-22T05:16:44Z
dc.date.available2013-04-22T05:16:44Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62643
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat dan cepat menyebabkan kehadiran buku menjadi sesuatu yang wajib bagi setiap individu. Kebutuhan akan buku yang semakin meningkat mengakibatkan banyak pelaku bisnis membuat persaingan pertokobukuan semakin ketat. TM Book Store sebagai pendatang baru harus mengetahui karakteristik konsumennya agar memudahkan perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat menarik pengunjung lebih banyak dari pada para pesaing lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen TM Book Store, (2) Menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian TM Book Store dan (3) Menganalisis preferensi konsumen TM Book Store. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Uji validitas kuesioner dilakukan dengan uji Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Faktor. Pengolahan data dibantu dengan Software Microsoft Excel 2007 dan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar konsumen TM Book Store adalah perempuan dengan usia berkisar 17 - 23 tahun dan mayoritas belum menikah. Tingkat pendidikan konsumen TM Book Store paling banyak adalah S1. Sebagian besar pekerjaan konsumen adalah pegawai swasta dan pendapatan per bulan konsumen mayoritas diantara Rp 500.000 - Rp 1.500.000. Adapun proses pengambilan keputusan konsumen toko buku TM Book Store melalui lima tahapan yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen adalah faktor Reliability, Empathy, Assurance, Responsiveness dan Tangible. Pada faktor Reliability, atribut yang paling dipentingkan oleh konsumen adalah pemberian informasi seputar TM Book Store secara akurat, sedangkan ada faktor Responsiveness atribut kemampuan karyawan dalam menanggapi keluhan dan kecepatan karyawan dalam melayani konsumen memiliki nilai ekstraksi yang sama yaitu sebesar. Atribut yang memiliki nilai ekstraksi paling tinggi pada faktor Assurance adalah atribut keramahan dan kesopanan karyawan. Pada faktor Empathy atribut yang dipentingkan oleh konsumen adalah atribut komunikasi yang lancar antara karyawan dengan konsumen. Faktor terakhir yaitu Tangible, atribut yang paling dipentingkan konsumen adalah penataan lokasi atau layout.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleProses Pengambilan Keputusan dan Preferensi Konsumen Terhadap Toko Buku TM Book Store, Depok Town Squareen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record