Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.authorSalastina, Ana
dc.date.accessioned2013-04-19T01:43:31Z
dc.date.available2013-04-19T01:43:31Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62522
dc.description.abstractKecukupan akan pangan dan gizi adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas sumber daya manusia. Beras merupakan salah satu komoditas pangan yang utama karena merupakan makanan pokok hampir bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kebutuhan pangan tidak hanya menyangkut persoalan kuantitas, namun perlu pula kualitas produk yang dapat memenuhi sisi selera konsumen. Salah satu perusahaan beras yang dapat menyediakan produk beras yang berkualitas adalah PB. Sugih Mukti yang berlokasi di Kabupaten Cianjur. Untuk mengembangkan usaha beras PB. Sugih Mukti maka dilakukan penelitian tentang strategi pengembangan usaha beras PB. Sugih Mukti. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang dihadapi oleh PB. Sugih Mukti, dan (2) Merumuskan alternatif strategi dan prioritas strategi yang tepat untuk PB. Sugih Mukti. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, yang diperoleh dari hasil wawancara, laporan tahunan perusahaan, dan studi pustaka. Kuesioner diberikan kepada tiga responden, yaitu pemilik perusahaan (pimpinan perusahaan), dan supervisor dari bagian internal perusahaan, serta Staf Pelaksana Perum Bulog Subdive Cianjur dari bagian eksternal perusahaan. Pengisian ini melibatkan pihak eksternal perusahaan karena agar hasil pengisian kuesioner lebih bersifat objektif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis IFE dan EFE, Analisis IE, analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil dari analisis IFE menunjukan bahwa kekuatan perusahaan terdapat pada ”kualitas beras yang terjaga” dengan nilai bobot skor tertinggi yaitu 0,5555, dan kelemahan perusahaan terdapat pada ”kegiatan promosi yang masih kurang” dengan nilai bobot skor terendah yakni 0,1042. Skor total matriks IFE adalah 2.8169. Sedangkan hasil analisis EFE menunjukan bahwa peluang bagi perusahaan adalah ”bahan baku yang mudah diperoleh” dengan nilai bobot skor 0,5852 dan ancaman yang paling berpengaruh terhadap perusahaan berupa ”persaingan perusahaan yang sejenis” dengan nilai bobot skor 0,6085, jumlah total dari perhitungan analisis EFE adalah 3.4672. Total analisis IFE dan analisis EFE digunakan dalam analisis IE yang akan mentukan di mana posisi perusahaan itu berada dan strategi apa yang tepat digunakan oleh perusahaan. Hasil analisis IE menujukan bahwa PB Sugih Mukti berada pada posisi ”tumbuh dan berkembang” dan strategi yang tepat adalah strategi intensif atau integrasi. Kemudian hasil analisis IE dipetakan ke dalam analisis SWOT. Setelah dipetakan kemudian dipilih alternatif strategi yang paling baik melalui analisis QSPM. Hasil analisis QSPM menunjukan bahwa prioritas pertama untuk mengembangkan usaha beras PB. Sugih Mukti adalah meningkatkan kegiatan promosi perusahaan dengan mendesain kemasan yang menarik dan mencantumkan sertifakasi dari BPOM dengan nilai TAS 6,8235.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleStrategi Pengembagan Usaha Beras (Studi Kasus PB. Sugih Mukti, Kabupaten Cianjur)en


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record