Show simple item record

dc.contributor.advisorHerlina,Lien
dc.contributor.authorRiasma, I Gede Nugraha Adhidarma
dc.date.accessioned2013-02-07T07:46:01Z
dc.date.available2013-02-07T07:46:01Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60495
dc.description.abstractPenerapan strategi bersaing pada suatu unit usaha dalam sebuah industri bertujuan untuk menemukan posisi dalam industri tersebut dimana perusahaan dapat melindungi diri sendiri terhadap tekanan persaingan, atau dapat mempengaruhi tekanan tersebut secara positif. Usaha roti unyil di Bogor yang kini mulai menjamur membuat Venus sebagai pionir yang merintis usaha roti unyil ini harus mampu melihat pengaruh yang diberikan terhadap usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan perencanaan strategi bersaing yang tepat bagi usaha roti unyil Venus dalam menghadapi persaingan industrinya. Penentuan strategi bersaing ini dilakukan dengan menganalisis lingkungan internal perusahaan dan juga lingkungan industri tempat Venus bersaing, serta mengidentifikasi keinginan dan selera konsumen. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara pihak terkait, dan penyebaran kuesioner kepada responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgment sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan tingkat kepercayaan 90%. Analisis lima faktor persaingan dilakukan untuk menganalisis lingkungan industri perusahaan, sedangkan analisis rantai nilai perusahaan dilakukan untuk menganalisis lingkungan internal perusahaan. Analisis kelompok dan Importance Performance Analysis digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dalam mengidentifikasi keinginan dan selera konsumen. pengestimasian pangsa pasar yang dimiliki Venus dilakukan dengan menggunakan uji F dan penentuan strategi bersaing dilakukan dengan menggunakan proses hirarki analitik. Hasil analisis terhadap lima faktor persaingan menunjukkan bahwa kekuatan tawar menawar konsumen menjadi faktor utama yang mempengaruhi tingkat persaingan dalam industri roti unyil di Bogor ini. Hal ini disebabkan karena karakter konsumen Venus sebagai end user/pengguna akhir membuat peranan konsumen menjadi sangat vital dalam mempengaruhi kelangsungan usaha yang bergerak di bidang roti unyil ini.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleImplementasi Strategi Bersaing dalam Mempertahankan Market Share Perusahaan (Studi Kasus di Usaha Roti Unyil Venus, Bogor).en


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record