Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorTamami, Ahmad Jihan
dc.date.accessioned2013-02-01T01:54:32Z
dc.date.available2013-02-01T01:54:32Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/60192
dc.description.abstractPariwisata merupakan salah satu industri terbesar dan tercepat pertumbuhannya di dunia. Oleh karena itu, Indonesia berusaha untuk meningkatkan sektor pariwisatanya mengingat banyak sekali objek-objek alam yang mendukung untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang banyak dikunjungi oleh wisatawan tiap tahunnya. Di awal tahun 2010 yaitu bulan Januari hingga Maret memiliki jumlah pengunjung sebesar 186.578 wisatawan. Banyaknya pengunjung atau wisatawan dari berbagai kalangan dan latar belakang memicu penelitian mengenai segmentasi wisatawan perlu dilakukan dan dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil wisatawan pariwisata di Kebun Raya Bogor dan mengetahui segmentasi wisatawan berdasarkan gaya hidup berwisata pengunjungnya. Sumber data yang diperoleh dari wawancara dengan pihak Kebun Raya Bogor, penyebaran kuesioner, observasi, internet dan studi literatur. Penarikan contoh dilakukan dengan teknik convenience sampling dengan 100 responden yang sedang dalam melakukan kunjungan. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis cluster (K-means cluster) dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Analisis cluster digunakan untuk menganalisis variabel psikografi A.I.O (Activity, Interest, Opinion) meliputi aktivitas, minat dan pendapat. Mayoritas responden yang berwisata di Kebun Raya Bogor adalah berjenis kelamin laki-laki yaitu sebesar 51 persen dan berusia 16-24 tahun dengan persentase 46 persen. Mayoritas responden belum menikah yaitu sebesar 60 persen dan memiliki jumlah anggota keluarga inti 4 orang sebanyak 30 persen. Responden terbanyak yang datang berwisata mayoritas memiliki pekerjaan sebagai karyawan swasta dan mahasiswa yang masing-masing sebanyak 24 persen dan 21 persen dengan tingkatan pendidikan yang baik yaitu memiliki pendidikan terakhir SMA / MA sebesar 41 persen. Rata-rata pengeluaran total per bulan dari responden terbanyak yaitu kurang dari Rp. 1.000.000,- sebesar 34 persen. Dan untuk pengeluaran rata-rata hiburan per bulan terbanyak yaitu kurang dari Rp.250.000,- sebesar 37 persen. Wisatawan Kebun Raya Bogor didominasi oleh wisatawan yang datang dari Jakarta dan Bogor yaitu sebesar 32 persen dan 31 persen. Wisatawan Kebun Raya Bogor terbagi dalam tiga kelompok berdasarkan gaya hidup dalam berwisata. Pertama yaitu kelompok 1 ”General Visitor” yang berjumlah 31 persen dengan karakteristik tidak menyukai dengan aktivitas yang banyak menguras tenaga dan menyukai untuk mempelajari koleksi dari Kebun Raya Bogor, kedua adalah kelompok 2 “Back to Nature” berjumlah 44 persen yang menyukai produk wisata alam yang ditawarkan Kebun Raya Bogor dan menyukai untuk berwisata dengan keluarga, dan terakhir kelompok 3 “Quiet Lovely” berjumlah 25 persen yang menyukai ketenangan untuk istirahat dan mempertimbangkan biaya dalam berwisata.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Segmentasi Wisatawan Kebun Raya Bogor dengan Pendekatan Gaya Hidup AIO (Activities, Interest, Opinion)en


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record