Show simple item record

dc.contributor.authorTriastuti, Nusa Setiani
dc.contributor.authorIskandar, Budhi Hascaryo
dc.contributor.authorWisudo, Sugeng Han
dc.contributor.authorHaluan, John
dc.contributor.authorSumaryo
dc.date.accessioned2012-12-26T07:50:24Z
dc.date.available2012-12-26T07:50:24Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.issn0853-3989
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/59047
dc.description.abstractPenggunaan kayu sebagai bahan pembuat kapal sudah umum di Indonesia. Namun demikian sumbemaya kayu yang semakin menipis ditambah dengan semakin mahalnya harga kayu menyebabkan harga kapal kayu pun menjadi mahal. Bahan altematif pengganci kayu sebagai bahan pembuat kapal sudah saatnya dikaji unruk diterapkan. Pada tulisan ini dijabarkan perhitungan strukrur kapa! kombinasi beton-kayu sebagai salah satu bahan altematif pengganti kayu secara keseluruhan pacia struktur kapa], sebagai kajian awal dalam penggunaan struktur altematif pada pembuatan kapal kayu. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui kekuatan struktur gabungan beton-kayu sebagai altematif bahan pembuat kapal. Perhitungan yang dilakukan mengikuci kaidahkaidah mekanika teknik. Perhitungan beban menggunakan kombinasi 1,2 DL + 1,6 LL + 0,9 WL dengan 8 variasi pembebanan. Hasil perhitungan menyatakan bahwa struktur gabungan beton-kayu pada 8 variasi pembebanan memenuru persyaratan tegangan yang disyaratkan. Bila struktur ini akan diterapkan maka presisi sambungan pada struktutr beton-kayu harus menjadi perhatian utama.en
dc.publisherJurnal Teknologi Perikanan & Kelautan
dc.relation.ispartofseriesVol. 7;No. 1
dc.subjectstructure connectionen
dc.subjectrrinforced concrete-wooden
dc.subjectload variationen
dc.titleSambungan Struktir dan Pembelian Struktur Beton Bertulang pada Kapal Purse Seineen
dc.title.alternativeJurnal Teknologi Perikanan & Kelautan vol 7 No 1 Maret 2007en
dc.typeArticleen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record