Persepsi dan sikap mahasiswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di TPB IPB
View/ Open
Date
2011Author
Ansori, Mukhlas
Krishnawati, Henny
Defina
Wahyuni, Endang Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai persepsi dan sikap mahasiswa TPB, dan mengkaji hubungan antara persepsi dan sikap mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia diTPB IPB. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik menggunakan metode survei dengan angket. Sampel adalah mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama (TPB) tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah sampel 99. Hasil penelitian menemukan bahwa persepsi mahasiswa TPB tentang pembelajaran bahasa Indonesia baik (rataan total 3,96). Sikap terhadap pembelajaran bahasa Indonesia memberikan respon positif rataan total (3,58). Kinerja dosen bahasa Indonesia baik rataan total (3,81) ada hubungan yang kuat antara persepsi dengan sikap mahasiswa TPB. Persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah bahasa Indonesia positif. Kegiatan responsi sangat penting untuk diteruskan. Metode pembelajaran masih kurang bervariasi. Tingkat kepuasan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di TPB cukup baik. Kebanggaan terhadap bahasa Indonesia sangat besar. Terahdap korelasi antara IPK dengan nilai bahasa Indonesia yang sangat signifikan. Korelasi antara persepsi dengan sikap signifikan (0.265)Korelasi antara persepsi dengan kinerja dosen sangat signifikan dengan nilai (0.561) Korelasi antara sikap dengan kinerja dosen signifiakn dengan nilai (0.253). Hubungan antara nilai mahasiswa terhadap kinerja dosen sangat signifikan dengan nilai (0.503).