Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis, Musa
dc.contributor.authorAyuningtyas, Diny
dc.date.accessioned2012-07-30T02:17:19Z
dc.date.available2012-07-30T02:17:19Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56137
dc.description.abstractBintang Pelajar (BP) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sedang berkembang. BP memiliki manajemen organisasi yang terdiri dari 5 (lima) divisi dengan fokus pada penentuan standar mutu dan peningkatan kinerja untuk memastikan pelayanan yang terbaik pada konsumen, yakni para siswa sekolah maupun orang tuanya. Peningkatan kinerja tersebut membutuhkan proses pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengacu pada pengembangan kompetensi secara sistematik untuk memperbaiki kinerjanya melalui pelatihan. Tujuan penelitian: (1) Menganalisis penilaian pengajar BP terhadap pelaksanaan pengembangan SDM melalui pelatihan; (2) Menganalisis penilaian pengajar BP terhadap tingkat kompetensi yang dimilikinya setelah mengikuti pelatihan; dan (3) Menganalisis pengaruh pelatihan terhadap peningkatan kompetensi pengajar BP. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dan penyebaran kuesioner, serta data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Teknik pemilihan responden dilakukan dengan teknik sensus. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Peubah-peubah yang mencerminkan efektifitas pelatihan terdiri dari reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil. Peubah-peubah yang mencerminkan tingkat kompetensi setelah dipengaruhi oleh pelatihan terdiri dari knowledge, skill, self concept, trait dan motive. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan pengajar BP sudah efektif dan tingkat kompetensi yang dimiliki pengajar setelah mengikuti pelatihan sudah baik. Hasil analisis PLS menunjukkan efektivitas pelatihan berpengaruh positif dan nyata terhadap kompetensi. Indikator reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil yang paling mencerminkan efektivitas pelatihan adalah alokasi waktu pelatihan, pengajar semakin mengetahui metode pengajaran kreatif, pengajar memberikan pengajaran optimal kepada siswa dan peningkatan kreativitas mengajar. Indikator yang paling mencerminkan knowledge, skill, self concept, trait dan motive adalah pengajar semakin mengetahui metode pengajaran efektif, pengajar semakin mampu berkomunikasi dengan siswa, pengajar semakin memerhatikan persiapan mengajar agar dapat mengajar dengan baik, pengajar menjadi semakin perhatian terhadap siswa dalam mengajar dan pengajar semakin berinisiatif untuk mengembangkan metode pengajaran.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleEfektivitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengajar Bintang Pelajaren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record