Show simple item record

dc.contributor.authorDesrial
dc.contributor.authorPurwanto, Aris
dc.contributor.authorHasibuan, Ahmad S.
dc.date.accessioned2012-02-17T08:01:45Z
dc.date.available2012-02-17T08:01:45Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53415
dc.description.abstractDinamometer adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur daya poros motor bakar. Pada prinsipnya dinamometer bekerja dengan cara memberikan beban kepada poros motor bakar melalui mekanisme pengereman pada poros engkolnya. Jenis dinamometer yang banyak beredar di pasaran antara lain jenis dinamometer listrik Eddy Current dan dinamometer Water Brake. Harga satu unit dinamometer yang ada di pasaran tersebut cukup mahal sehingga relatif sulit untuk dimiliki oleh institusi penelitian yang sedang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dinamometer dengan desain yang sederhana dan harga terjangkau, namun tetap memiliki akurasi pengukuran yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode standar proses rancang bangun yaitu berdasarkan pendekatan rancangan fungsional dan pendekatan rancangan struktural. Secara fungsional, dinamometer dirancang untuk digunakan pada motor bakar ukuran kecil dengan daya dibawah 10 HP. Pembebanan pada poros motor dilakukan dengan mekanisme pengereman menggunakan rem tipe cakram. Secara struktural, dinamometer dirancang menggunakan unit rem cakram yang biasa digunakan untuk sepeda motor besar. Penyaluran daya dari motor bakar ke dinamometer menggunakan rantai-sproket dan pengukuran torsi dilakukan menggunakan load cell dan handy strainmeter, sedangkan putaran poros diukur menggunakan digital tachometer. Hasil pengujian unjuk kerja dinamometer tipe rem cakram pada motor bakar diesel menunjukkan bahwa dinamometer dapat berfungsi dengan baik dalam melakukan pengereman poros.. Data hasil pengukuran yang ditampilkan dalam grafik kinerja poros dapat memperlihatkan kurva prestasi daya motor menyerupai kurva prestasi sebagaimana yang dihasilkan pada saat menggunakan dinamometer tipe pengereman air. Pengujian menggunakan dua bahan bakar yang berbeda menunjukkan bahwa daya poros maksimal menggunakan bahan bakar solar adalah 6,01 kW dengan torsi maksimal 43,8 Nm. Sedangkan untuk bahan bakar minyak nyamplung daya maksimum sebesar 5.05 kW dengan torsi maksimal sebesar 37,5 Nm.en
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectmotor bakaren
dc.subjectkinerja porosen
dc.subjectrem cakramen
dc.subjectdinamometeren
dc.titleRancang bangun dan uji kinerja dinamometer tipe rem cakramen
dc.title.alternativeProsiding Seminar Nasional Perteta 2011 Jember, 21-22 Juli, 2011


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record