Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma,Ma’mun
dc.contributor.authorMaizar, Afnita
dc.date.accessioned2012-01-25T04:01:34Z
dc.date.available2012-01-25T04:01:34Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/53080
dc.description.abstractMunculnya berbagai objek wisata ini menimbulkan persaingan di antara objek wisata tersebut dan masing-masing berlomba untuk menawarkan keunggulan bersaingnya, mulai dari bentuk variasi hiburan, teknologi yang menyertai, pelayanan dan kenyamanan yang diberikan sampai pada paket harga yang ditawarkan melalui berbagai promosi. Tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Bogor tiap tahun mengalami peningkatan. Pada tahun 2010, jumlah wisatawan yang menyambangi Kota Bogor mencapai 2,97 juta wisatawan, angka tersebut meningkat hampir 10 ribu wisatawan dibanding jumlah wisatawan tahun 2009 yang hanya mencapai 2,89 juta wisatawan. The Jungle merupakan salah satu tujuan wisata air terbesar yang terletak di Kota Bogor dan telah berdiri sejak tahun 2007. Konsumen yang menjadi target pada penelitian ini adalah para pengunjung The Jungle yang telah mengetahui promosi yang dilakukan The Jungle. The Jungle melakukan beberapa kegiatan promosi dan kegiatan promosi ini diharapkan dapat mempengaruhi konsumen agar berkunjung ke tempat wisata ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana karakteristik pengunjung wisata air The Jungle Bogor. 2) Apa saja kegiatan promosi yang dilakukan oleh wisata air The Jungle Bogor. 3) Bagaimana respon konsumen terhadap keefektifan bauran promosi The Jungle Bogor. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan. Teknik pengambilan sample menggunakan non-probability sampling. Jenis non-probability sampling yang digunakan adalah convinience sampling.. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis Direct Rating Method (DRM) dan EPIC Model. Pengolahan data untuk analisis deskriptif menggunakan excel dan untuk validasi dan reliabilitas menggunakan SPSS 16. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh The Jungle meliputi empat bauran promosi yaitu periklanan (media elektronik, media cetak, media luar ruangan brosur dan media internet), promosi penjualan (pemberian potongan harga dan promosi silang), penjualan personal (penawaran ke instansi-instansi dan sekolah) dan hubungan masyarakat (publikasi media massa dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar). Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa karakteristik pengunjung The Jungle merupakan para pengunjung yang rata-rata berumur dibawah 45 tahun dan sudah menikah serta paling banyak berasal dari Bogor. Sebagian besar pengunjung merupakan karyawan swasta dan berpenghasilan berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 3.500.000 dan rata-rata baru satu kali mengunjungi The Jungle dalam 6 bulan terakhir. Mayoritas para pengunjung yang datang ke The Jungle merupakan mereka yang mengetahui promosi The Jungle dari teman atau saudara, brosur, leaflet, dan billboard serta menyukai stiker The Jungle. Bila dilihat dari jenis kelamin, jumlah para pengunjung The Jungle Hampir sama antara laki-laki dan perempuan. Berdasarkan hasil pengukuran efektivitas promosi dengan menggunakan DRM menunjukkan bahwa skala direct rating efektivitas promosi The Jungle sebesar 72,72 yang berarti bahwa promosi The Jungle masuk dalam kategori promosi yang baik. Berdasarkan pengukuran efektivitas promosi dengan menggunakan EPIC Model menunjukkan bahwa EPIC rate sebesar 3,497 yang berarti bahwa promosi yang dilakukan The Jungle masuk dalam kategori promosi yang efektif.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Keefektivitasan Bauran Promosi Pada Wisata Air The Jungle Bogoren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record