Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.authorRowidah
dc.date.accessioned2011-11-29T02:30:45Z
dc.date.available2011-11-29T02:30:45Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51977
dc.description.abstractTeknologi informasi yang semakin canggih dalam era globalisasi perlu diiringi dengan keunggulan kompetitif perusahaan yang efektif, kreatif, dan efisien, salah satunya di bidang pemasaran yaitu pelaksanaan pemasaran berbasis komunitas atau community marketing. Berbagai komunitas telah dibentuk oleh perusahaan sebagai wadah bagi pelanggan dari suatu perusahaan. Telkomsel sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi khususnya operator seluler juga mengembangkan srtategi ini untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Telkomsel. Hal ini, mengingat Telkomsel merupakan perusahaan operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia. Oleh sebab itu, perlu diteliti penerapan community marketing yang telah dijalankan sampai saat ini terhadap loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mengidentifikasi penerapan Community Marketing pada Telkomsel School Community yang dibentuk oleh PT. Telkomsel, Tbk, 2) Menganalisis faktor-faktor yang mendukung efektifitas Community Marketing pada Telkomsel School Community, 3) Menganalisis efektifitas Community Marketing pada Telkomsel School Community terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel. Penelitian dilakukan selama bulan Maret-April 2011 dengan mengambil data primer dari kuesioner yang diserahkan kepada 54 responden anggota komunitas Telkomsel School Community SMP N 11 Bogor. Pengambilan data sekunder diperoleh dari studi literatur serta data dari Telkomsel dan pihak sekolah. Kuesioner diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas agar bisa diandalkan menjadi instrumen penelitian. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Faktor dan Analisis Korelasi Rank-Spearman. Berdasarkan hasil analisis faktor, faktor-faktor yang mendukung efektifitas community marketing, apabila diurutkan dari yang paling dominan adalah media komunikasi, struktur organisasi, kedekatan personal, dan feature. Sedangkan faktor loyalitas yang paling dominan adalah refers others yaitu merekomendasikan produk kepada orang lain. Analisis korelasi Rank-spearman menunjukkan bahwa faktor-faktor dalam community marketing yang berhubungan positif dan nyata terhadap loyalitas pelanggan adalah faktor kedekatan personal dan program/kegiatan. Sedangkan, faktor media komunikasi, struktur organisasi, dan feature berhubungan secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan. Oleh sebab itu, perlu adanya peningkatan untuk program/kegiatan komunitas dan didukung melalui faktor-faktor yang lain untuk meningkatkan loyalitas.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Faktor-faktor Community Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Telkomsel School Community di SMP N 11 Bogoren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record