Show simple item record

dc.contributor.authorRamadhani, Ghazali
dc.date.accessioned2011-10-24T04:06:07Z
dc.date.available2011-10-24T04:06:07Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51269
dc.description.abstractSetiap perusahaan harus cepat tanggap menghadapi setiap perubahan yang terjadi di industrinya masing-masing. Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat memprioritaskan pada pelayanan yang diberikan kepada pelanggannya. Salah satu industri jasa yang sekarang ini banyak diminati oleh segala kalangan adalah tempat rekreasi. Kinerja dari tempat rekreasi dapat dilihat dari kualitas pelayanan yang ditawarkan. Pokok masalah yang biasanya terjadi di tempat rekreasi adalah antrian yang dialami oleh pengunjung pada saat hendak memasuki tempat rekreasi terutama pada akhir pekan atau hari libur nasional. Penelitian dilaksanakan selama 1 (satu) bulan yaitu bulan Februari sampai Maret 2010 pada periode sibuk yaitu jam 09.00 – 12.00 WIB. Lokasi penelitian adalah The Jungle Waterpark, Bogor Nirwana Residence, Bogor, Jawa Barat. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk (1) mengidentifikasi model antrian yang digunakan The Jungle Waterpark selama ini dan untuk (2) menganalisis sistem antrian di bagian ticketing pada The Jungle Waterpark yang dapat menghasilkan solusi optimal selama jam sibuk. Pada kondisi yang sudah ada, rata-rata kecepatan kedatangan pengunjung (λ) oleh server sebesar 135 pengunjung per jam dan rata-rata kecepatan pelayanan (μ) oleh server adalah sebesar 76 pengunjung per jam. Tingkat penggunaan sistem adalah sebesar 0,89 persen dari waktu kerja karyawan tersebut. Pengunjung yang mengantri di loket The Jungle Waterpark rata-rata mendapat waktu tunggu selama176,94 detik atau 2,95 menit dan terdapat 7 (tujuh) orang pengunjung yang menunggu dalam antrian. Waktu yang dihabiskan pengunjung dalam sistem adalah 224,31 detik atau sekitar 3,74 menit. Rata-rata waktu pelayanan yang diberikan oleh The Jungle Waterpark adalah 47,50 detik.en
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleKajian antrian pelayanan ticketing di the jungle waterpark Bogoren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record