Strategi pencitraan perusahaan agribisnis melalui media virtual: studi kasus plantera fruit paradise, PT. Plantera, Kebun Ngebruk, Desa Sidokumpul, Patean, Kabupaten Kendal
Abstract
Media virtual atau yang lebih dikenal sebagai internet kini telah menjadi media komunikasi yang populer di Indonesia. Menurut data tahun 2009, Indonesia menempati peringkat kelima di Asia dengan jumlah pengguna (user) sebanyak 25 juta orang. Sebagian besar diantaranya merupakan penggerak jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter, dan lain-lain. User di Indonesia umumnya berasal dari generasi muda terdidik (well-educated). Di tahun 2009, untuk jejaring sosial Facebook, user di Indonesia termasuk user Facebook terbesar keempat di dunia dengan pengguna aktif sejumlah 5.949.740 orang dan diperkirakan akan terus bertambah. Akibatnya, beberapa perusahaan barang dan jasa di Indonesia akhir-akhir ini mulai melirik dan menggunakan salah satu layanan virtual di Facebook yaitu Fan Page (Laman Penggemar di Facebook atau LPF) untuk mempromosikan produk dan brand mereka kepada publik eksternalnya dikarenakan potensi besar jumlah massa atau publik yang akan dihadapi.