Pola Perubahan Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Prasarana dan Sarana Jalan (Studi Kasus : Jalan Soekarno-Hatta di Kota Bandung Jawa Barat)
Abstract
Prasarana dan sarana jalan menyebabkan peru.bahan besar dan penting tedtadap lingkuogan. Tujuan utama dari penelitian adaIah untuk mengenali dan mengevaluasi proses pembaogunan dan operasional prasarana jalan terhadap Iingkungan (fisik-kimia, biologis dan sosial.ekonomi-budaya) sehingga dapat diketahui cara pengelolaan dan pemantauan lingkungan yang dapat mengurangi dampak negatif serta meningkatkan dampak positifnya Lokasi penelitian meliputi 16 kecamatan di Kota Bandung dengan luas 112,80 km2 dan jalan yang akan diteliti adalah Jalan Soekarno- Hatta di Bandung yang memiliki panjang 17,67 km. Sampel penelitian untuk komponen sosial, ekonomi dan budaya adaIah penduduk yang berada di koridor jalan dan di kecamatan-kecamatan yang dilalui jalan, untuk komponen fisik-kimia udara adalah kondisi Ialu-lintas dan kualitas udala di 8 persimpangan jalan (Sudirman, Pasir Koja, Cibaduyut. Mohanunad Toha, Buah Batu, Kiarangcondong. Gede Sage, Cibiru), untuk komponen fisik-kimia air adalah kondisi air di 7 sungai yang melewati jalan (Citepus, Cikapindung, Cikapundung Kaler, Cidurian, Cicadas, Cikiley dan Cisaranten) dan untuk komponen biologis adalah flora dan fauna yang berada di koridor Jalan Soekamo-Hatta. Analisis data menggunakan anaIisis sosia1 dan kependudukan. analisis ekonomis, analisis struktur tataruang, analisis a1okasi pemanfaatan ruang. ana1isis penipisan sumberdaya alam, analisis lalu-lintas, analisis kualitas air untuk parameter fisik-kimia. analisis kualitas udara untuk parameter fisik-kimia, analisis vegetasi dan fauna, analisis sistem dan sintesis model dinamis.