Sekolah Alam sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan dalam Rangka Mengatasi Krisi Ekologi (Studi KAsus School of Universe, Parung, Bogor)
Date
2008Author
Syarifuddin, Hidayat
Amalia, Firina
Khairunnisa N.
Lusiana Putri R.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini menekankan kepada hubmgan antara krisis ekologi dengan pendidikan lingkungm yang ada di dolorn sekolah alum dm penerapan kurikulum sekolah alnm ymg di ddamnya menggunab pendidih lingkungan yang terhtegrasi. Pengumpuim &a dilahkm dengan metode wawrmcm4 observasi dm studi literafur. Wawancara dm observasi dilakuh di di School of Universe, Pmung, B o p . Hasil penelitian memmjukkan bahwa Sekolah dm &ah sekolah dengan konsep pendidikon berbasis alum semesta. Sekolah olmn memiliki empar pilm proses pembelajman mtma Iain akhlak logic science, kepemimpinan, a h kewirwahan. Dalm proses pembelajmnnya sekolah dam telah menerapkan empat prinsip ekologi, yaitu holistik keberlanjutan, kemekaragamun, drm keseimbangan . Penerapan sistem pembelajaran ymg meintegrasikan prinsip ekologi di sekolah a h membentuk genermi muda yang berakhlak mulia dan memiliki kepedulian lingkrmgan yang besar. Hal ini a h menimbulh suatu kesadaran lingkungan ymg akan dapat menyelesaikan masalah krisis ekologi