Strategi Pemasaran Produk Koperasi dalam Menembus Pasar Susu
Abstract
Pengembangan agribisnis susu melalui gerakan koperasi jauh lebih baik dibandingkan komoditas lainnya. Namun koperasi susu yang ada kurang bisa memahimalkan kemampuannya untuk memenuhi permintaan susu di Indonesia Selain itu, produk dari koperasi susu kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat lebih mengenal produk dari Industri Pengolah Susu (IPS) yang mengambil bahan baku dari koperasi persusuan. Salah satu contoh koperasi persusuan di Indonesia adalah Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS) yang merupakan koperasi primer dun menjadi motor penggerak Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSr). Tujuan penulisan ini adalah untuk mengidentijikasi faktor eksternal dun internal yang mempengaruhi pemasaran produk KPBS dun menganalisis alternatifshategi pemasaran produk KPBS berdasarkan analisis SWOT. Berdasarkan analisis SWOT yang telah dilakukan, maka hasil analisis alternutif strategi yang dipilih adalah memperluas jaringan distribusi di luar Jawa Barat, meningkatkan promosi, mengembangkan produk dun meningkatkan kualitas produk, meningkatkan citra merek KPBS Pangalengan, meningkatkan kualitas SDM anggota dun pengurus, dun mendirikan lembaga riser dun pengembangan produk KPBS.