Analisis biplot dan rantai makrov untuk menelaah perilaku konsumen majalah berita mingguan
Abstract
Perpindahan merek (brand switching) majalah berita mingguan (MBM) akibat kelangkaan produk di pasur sering kali terjadi. Salah satu penyebabnya adalah persepsi konsumen yang tetap merasa terpenuhi kebutuhannya dengun membeIi majalah lain. Dalam penelitian ini dipelajari perilaku konsumen di tiga kota, Bandung, Medan dun Surabaya terlzadap derajat kepentingan atribut majalah serta perpindahan merek dari MBM yang satu ke MBM yang lain. Perilaku konsum'en dianalisis menggunakan metode biplot, sedangkan perpindahan merek dianalisis menggunakan rantai Markov. Tejadi persaingan ketat antara Tempo dun Gatra. Hal ini tercemin dari pangsa pasar keduanya yang jauh lebilz besar dibandingkan tiga kompetitor lain, baik sebelum maupun sesudah tejadi perpindahan merek. Peluang transisi yang besar antara kedua majalah yang ditzitzjang oleh kedekatan jarak antara masingmasing konsumen datum visualisasi biplot menerangkan bahwa konsumelz Tempo dun Gatra menganggap kedua nzajalnlz nze~niltki kenziripan. Kenetralalz berita merupakan atibut yang konsisten mengiring kesamaan perilaku mereka. Konsumen Panji yang sebagian besar adalah golongan ekonomi menengah ke bmah lebih mementingkan harga. lnformasi bahzua harga Panji lebih rendah dari empat majalah lainnya semakin mendukung keadaan ini. Visualisasi biplot menjelaskan bahwa atn'but-atribut nlajalah yang berdekatan dengan konsumen Forum maupun Gamma tidak sama di tiga kota. Selanjutnya matriks peiuang transisi memberikan infomasi bahwa majalah Tempo dun Gatra adalah pengganti unggulan bagi majalah Forum, Gamnzn, dun Panji.