Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Produk UKM Aneka Kue (Studi Kasus Edhie’s Bakery)

View/ Open
Date
2009Author
Abdulhalim, Yosep
Kumalasari, Dewi
Mulyanti, Siti
Tsurayya, Hana
Rahmawati, Ananda Puput
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan zaman terus menuntut setiap sektor dalam kehidupan untuk selalu berubah mengimbangi perkembangan yang terjadi, tidak terkecuali pada bidang perdagangan. Perusahan-perusahaan saling berlomba untuk menjadi yang terbaik. Bogor sebagai daerah yang ditopang oleh kegiatan perdagangan memiliki bebagai jenis komoditas niaga, salah satunya seperti yang dijalankan UKM Edhie’s Bakery yang bergerak pada pasar aneka kue dan roti. Kepuasan konsumen menjadi prioritas utama dalam menjalankan usaha tersebut, dan merupakan salah satu indikator keberhasilan usaha. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen yaitu dengan menghitung nilai kepuasan atau Customer Satisfaction Index (CSI). Data yang digunakan dalam analisis tersebut dapat diperoleh dari hasil pencarian langsung dari narasumber maupun melalui pengisian kuesioner oleh konsumen sebagai responden penelitian. Penelitian yang dilakukan terhadap objek (Edhie’s Bakery) memiliki tujuan untuk : (1) menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk UKM Edhie’s Bakery, dan (2) merumuskan strategi perusahaan dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapat bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Edhie’s Bakery dapat dikatakan “Puas” karena memiliki nilai tingkat Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 0,6922 atau 69,22% dan atribut yang harus diperbaiki oleh UKM Edhie’s Bakery adalah aroma dan harga. Keyword ; Kepentingan, Kepuasan, IPA, CSI
Collections
- PKM - Artikel Ilmiah [220]