Show simple item record

Public relations strategy in depending its corporate image by public opinion, Study Case PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

dc.contributor.advisorHubeis, Aida Vitayala S.
dc.contributor.authorNovianti, Noval
dc.date.accessioned2010-06-03T10:13:21Z
dc.date.available2010-06-03T10:13:21Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/27293
dc.description.abstractPublic Relations is the management functions that establishes and maintains mutually beneficial relationship between an organization and the publics on whom its success of failure depends. Public Relations PT Indocement already made the positive image in the pubic. It’s seen that PR Indocement has done a function and its duty well. PR PT Indocement does their strategy by internal events, eksternal events and two ways communications. PR PT Indocement maintains mutually beneficial relationship with media. It’s seen that PR Indocement often makes an activity like media gathering, press release or sponsorship. Public Relations PT Indocement used strategy educative-informative which is PR PT Indocement gives information based on fact and opinion internal public or eksternal public. Public relations PT Indocement is the management function which evaluates public attitides, identifies the policies and procedures of an individual or an organization with the public interest, and executes a program of action to earn public understanding and acceptance. Activity PR Indocement in evaluate public opinion as relates with Indocement is to get an existence its corporate image. Keywords : public relations, corporate image, public opinion, PT Indocementen
dc.description.abstractSeiring dengan era globalisasi, semakin banyak perusahaan multinasional bermunculan dan bergerak di berbagai sektor. Agar memperoleh posisi yang lebih baik dari saingannya, suatu perusahaan harus mampu mempertahankan citra perusahaannya. PT Indocement berusaha untuk mempertahankan tempat serta kredibilitas sebagai perusahaan semen terpercaya di masyarakat. Untuk mengkomunikasikan hal tersebut kepada khalayaknya, maka diperlukan suatu strategi agar pesan tersebut dapat diterima dengan baik. Begitu juga dalam meningkatkan eksistensi perusahaan diperlukan adanya pendekatan hubungan yang harmonis dengan pihak internal dan pihak eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data utama penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer di dapat melalui kuesioner dan wawancara serta observasi pada saat pelaksanaaan KKP. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen perusahaan maupun analisis dokumen dari instansi yang terkait dan pihak yang mendukung kelengkapan informasi yang dibutuhkan. Sumber data yaitu data kuantitatif yang diperoleh dengan melakukan sebaran kuesioner serta diperkuat dengan data kualitaif yaitu dengan wawancara kepada responden dan informan. Hasil penelitian bahwa strategi public relations yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi citranya melalui serangkaian kegiatan internal, kegiatan eksternal, komunikasi dua arah yang dijalankan, serta strategi edukatifinformatif yaitu dengan memberikan informasi kepada publik dengan fakta dan opini yang berada di pihak internal maupun eksternal. Strategi PR yang dilakukan pada rangkaian kegiatan internal diantaranya dengan special event, company gathering, forum komunikasi rapat, pengelolaan intranet, serta membuat majalah internal KonKrit. Rangkaian kegiatan eksternal diantaranya press release, sponsorshinp, media gathering, company visit, pengelolaan website, special event seperti pameran, seminar, serta kegiatan publikasi. Pada strategi publikasi PR, dalam hal ini PR menggunakan tools publikasi untuk menyebarkan informasi seperti kegiatan CSR. Tools yang digunakan adalah press releases dan konferensi pers seperti konferensi pers mengenai kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT Indocement. Hal tersebut dilakukan agar informasi tersebut diketahui masyarakat luas.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleStrategi Public Relations dalam Mempertahankan Eksistensi Corporate Image Melalui Opini Publik (Studi Kasus PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.)id
dc.titlePublic relations strategy in depending its corporate image by public opinion, Study Case PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.en


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record