Show simple item record

dc.contributor.authorMardika, Fandy Dwi
dc.date.accessioned2010-06-03T08:50:02Z
dc.date.available2010-06-03T08:50:02Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/27206
dc.description.abstractPT Bank Central Asia Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perbankan Indonesia. Dengan semakin banyaknya bank-bank di Indonesia yang menawarkan berbagai macam produk perbankan, hal ini menimbulkan persaingan antara merek produk perbankan tersebut. Untuk dapat bersaing dan menguasai pasar, produk tersebut harus memiliki brand equity yang kuat. Suatu produk dengan brand equity kuat berarti produk tersebut telah memberikan nilai bagi perusahaan dan pelanggan sehingga memberikan keuntungan-keuntungan jangka penjang, baik dari segi finansial maupun nonfinansial. Hal ini menyebabkan semakin ketatnya persaingan di dunia perbankan, dimana perusahaan-perusahaan yang terlibat di dalamnya dituntut untuk senantiasa melakukan inovasi, mengembangkan produk dan layanannya agar dapat tetap bertahan dalam industri perbankan. Begitu juga halnya dengan Bank Central Asia yang secara terus menerus secara konsisten berusaha untuk dapat memberikan layanan yang terbaik untuk nasabahnya. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis elemen-elemen brand equity PT BCA Cabang Makassar. Analisis elemen-elemen brand equity meliputi: pertama, analisis brand awareness untuk mengetahui posisi kesadaran merek di benak para nasabah. Kedua, analisis brand association untuk mengetahui brand image bank konvensional. Ketiga, analisis perceived quality untuk mengetahui persepsi mutu merek bank konvensional di benak para nasabahnya. Terakhir, analisis brand loyalty untuk mengetahui loyalitas para nasabah tehadap bank konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen perusahaan, penelusuran pustaka yang mendukung kegiatan penelitian dan situs internet. Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS for windows ver.15 dengan teknik analisis deskriptif, skala likert dan nilai rata-rata, skala semantic differential dan uji Cochran. Pada analisis brand awareness, hasil analisis top of mind dapat diketahui merek PT BCA Tbk Cabang Makassar menempati urutan tertinggi dengan persentase 60%. Pada analisis brand recall diperoleh 67 persen yang mengingat kembali merek Bank Mandiri. Pada analisis brand recognition diketahui tidak ada seorangpun yang perlu diberikan bantuan dalam mengenal merek PT BCA Tbk Cabang Makassar. Pada analisis brand unaware diketahui bahwa tidak ada seorangpun yang tidak mengenal merek PT BCA Tbk Cabang Makassar.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis elemen-elemen brand equity PT Bank Central Asia Tbk Cabang Makassarid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record