Nem dan Status Akreditasi SMP Swasta Di Propinsi Jawa Barat
Abstract
Akreditasi merupakan salah satu cara tialanr ttrengenrlalikan ttrutu sekolah mvasta. Penilaian nrelalui akreditasi ttrenghasilknn tiga status sekolah wasfa, yaitu disatttakan, cliakui, dnn terdaflar. Nilai Ebtanas Aiurni (NEhO diharapkan bisa dijadikan sebagai alternatif dalatrr nrengklasi/ikasikcm sekolah swasta ke dalm status lertentu. Tujuan penelitian ini adalah met~rpelajari hubungnn antara NEAI dnn status sekolah swasta hasil akreditasi dengan menggunakan dua buah nretode pengklasi/ikasian yaitu model regresi logistik don analisis diskriminan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa bidang studi IPS mettrberikan pengaruh positifyang lebih besnr dibandingkan dengan bidang studi vang lain dalatn pengklas@kasian. Proporsi juttrlah contoh .vang berberia dan adanya kesarjman vektor nilai tengah peubah penjelas anfar status rtrengakibnlkan rtrodel regresi logisfik tt~ettrilikik lasijkasi .vang sesuai sebesar 71.0 % sattrpai dengan 72.4 %, cukup besar akan tetapi didottrinmi oleh status diakui, sedangkan analisis diskriminan ~trenghasilkank etidaksesuaian klnstjkasi sebesar 38.4 % sanrpai dengan 51.8 %. OIeh karena itu baik model regresi logistik nraupun fungsi diskritwinnn dengan rrrenggunakan Nilai Ebtanas Aiurni sebagai peubnh penjelas belum bisa digunalm sebagai alternatif pengganti sistem akreditnsi .vang selatna ini telah berlaku.
Collections
- Computer Science [72]