Pengaruh Sosialisasi Orang Tua, Sosialisasi Guru, dan Paparan Media Sosial terhadap Kemandirian Konsumen dalam Memilih Jajanan pada Anak Usia Sekolah Dasar
Abstract
Anak usia sekolah merupakan konsumen aktif yang mulai mandiri dalam
menentukan pilihan jajanan yang berada pada tahap perkembangan kognitif dan
emosional yang sangat krusial untuk membentuk kemandirian sebagai konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh karakteristik
responden, sosialisasi orang tua, sosialisasi guru, paparan media sosial, dan
kemandirian konsumen anak dalam memilih jajanan. Metode pada penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik cluster random sampling.
Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara
karakteristik responden dengan sosialisasi orang tua, sosialisasi guru, dan paparan
media sosial. Namun, terdapat hubungan antarvariabel penelitian. Hasil uji regresi
menunjukkan bahwa karakteristik jenis kelamin anak, sosialisasi orang tua,
sosialisasi guru, dan paparan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kemandirian konsumen anak dalam memilih jajanan.
