Optimasi Penjadwalan Dosen pada Mata Kuliah Matematika dan Berpikir Logis Menggunakan Integer Goal Programming
Date
2025Author
Putri, Novita Aprilia
Mayyani, Hidayatul
Septyanto, Fendy
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini membahas optimasi penjadwalan dosen pada mata kuliah
"Matematika dan Berpikir Logis" di IPB menggunakan Integer Goal Programming
(IGP). Penelitian ini bertujuan mengembangkan model matematika yang
meminimalkan deviasi beban mengajar dosen dari distribusi ideal dengan mematuhi
berbagai kendala seperti waktu kuliah, ketersediaan ruang, dan preferensi dosen.
Model IGP yang diusulkan diterapkan dalam tiga skenario: Skenario 1 berfokus
pada pemerataan beban mengajar, Skenario 2 memberikan fleksibilitas lebih dalam
penugasan mengajar, dan Skenario 3 memperhitungkan potensi bentrokan jadwal
dengan mata kuliah lain seperti Kalkulus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model IGP dapat secara efektif menyeimbangkan beban kerja dan menghindari
bentrokan jadwal, memastikan alokasi sumber daya yang optimal dan peningkatan
efisiensi pengajaran. Model ini dapat menjadi alat yang berguna bagi institusi
pendidikan tinggi untuk memperbaiki sistem penjadwalan perkuliahan mereka. This study addresses the optimization of the scheduling of lecturers for the
course "Mathematics and Logical Thinking" at IPB using Integer Goal
Programming (IGP). The research aims develop a mathematical model that
minimizes the deviation in lecturers teaching loads from the ideal distribution while
adhering to various constraint such as lecture times, room availability, and lecturer
preferences. The proposed IGP model is implemented in three scenarios: Scenario
1 focuses on equalizing teaching loads, Scenario 2 allows for greater flexibility in
teaching assignments, and Scenario 3 accounts for potential schedule conflicts with
other courses like Calculus. The results demonstrate that the IGP model can
effectively balance workloads and avoid scheduling conflicts, ensuring optimal
allocation of resources and improved teaching efficiency. The model can be a useful
tool for higher education institutions in improving their course scheduling systems.
Collections
- UT - Mathematics [89]
