Strategi Pengembangan Ekowisata Lembah Tepus, Provinsi Jawa Barat Berbasis Valuasi Ekonomi dan Analisis SWOT
Abstract
Pengelolaan wisata alam pada hakikatnya tidak terlepas dari berbagai
hambatan internal maupun eksternal yang mempengaruhi keberlanjutan wisata.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi pengembangan ekowisata
Lembah Tepus berdasarkan aspek ekonomi dengan valuasi ekonomi dan aspek
sosial dengan analisis SWOT. Pengambilan sampel dengan metode random
sampling sebanyak 100 wisatawan dan purposive sampling kepada pengelola
wisata. Hasil penelitian metode biaya perjalanan individual (Individual Travel Cost
Method/ITCM) menunjukkan pengeluaran biaya perjalanan wisatawan sebesar
Rp1.183.875.595/tahun, nilai pendapatan pengelola ekowisata sebesar
Rp563.556.851/tahun, surplus konsumen sebesar Rp1.506.889.829/tahun, dan
estimasi nilai total ekonomi ekowisata Lembah Tepus mencapai
Rp2.143.661.669/tahun. Berdasarkan karakteristik wisatawan, variabel yang
mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan adalah asal, pendapatan, dan
biaya perjalanan. Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan
Threats) menunjukkan alternatif berada di kuadran I, yaitu strategi pertumbuhan. The management of nature tourism cannot be separated from various
internal and external obstacles that affect the sustainability of tourism. This study
aims to identify strategies for developing ecotourism in the Tepus Valley based on
economic aspects using economic valuation and social aspects using SWOT
analysis. Sampling was conducted using random sampling of 100 tourists and
purposive sampling of tourism management. The results of the Individual Travel
Cost Method (ITCM) shows that tourist travel expenses reach
Rp1.183.875.595/year, the income value of tourism managements is
Rp563.556.851/year, consument surplus reach Rp1.506.889.829/year and the
estimated total economic value of Tepus Valley ecotourism reached
Rp2.143.661.669/year. Based on tourist characteristics, the variables that influence
tourist visiting decisions are origin, income, and travel costs. The SWOT analysis
(Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) indicates that the alternative is
in quadrant I, namely the growth strategy.
Collections
- UT - Forest Management [3197]
