Show simple item record

dc.contributor.advisorMutasowifin, Ali
dc.contributor.authorFADLAN, MUHAMMAD ADLIN RADHITYA
dc.date.accessioned2025-11-18T01:44:52Z
dc.date.available2025-11-18T01:44:52Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171533
dc.description.abstractPeningkatan jumlah investor di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan tingginya minat masyarakat di pasar modal, khususnya dalam berinvestasi. Namun, fenomena ini belum sepenuhnya diikuti dengan kualitas keputusan investasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, media sosial, dan toleransi risiko terhadap keputusan investasi di pasar modal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang telah memiliki pengalaman berinvestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, media sosial, dan toleransi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Model penelitian ini mampu menjelaskan 60,6% variasi dalam keputusan investasi responden. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan pemahaman finansial, pemanfaatan informasi dari media sosial secara bijak, serta kesesuaian profil risiko individu, berkontribusi terhadap kualitas keputusan investasi di pasar modal.
dc.description.abstractThe increase in the number of investors in Indonesia in recent years demonstrates the high public interest in the capital market, particularly in investing. However, this phenomenon has not been fully accompanied by good investment decisions. This study aims to analyze the influence of financial literacy, social media, and risk tolerance on investment decisions in the capital market. The research method used is a quantitative approach with Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) analysis techniques. Data were obtained by distributing questionnaires to 100 respondents with investment experience. The results show that financial literacy, social media, and risk tolerance have a positive and significant influence on investment decisions. This research model is able to explain 60,6% of the variation in respondents' investment decisions. These findings indicate that increased financial understanding, wise use of information from social media, and the suitability of individual risk profiles contribute to the quality of investment decisions in the capital market.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Literasi Keuangan, Media Sosial, dan Toleransi Risiko terhadap Keputusan Investasi di Pasar Modalid
dc.title.alternative
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordliterasi keuanganid
dc.subject.keywordmedia sosialid
dc.subject.keywordToleransi risikoid
dc.subject.keywordkeputusan investasiid
dc.subject.keywordPasar Modalid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record