Strategi Peningkatan Employee Engagement Dosen Generasi Z di Perguruan Tinggi Indonesia
Date
2025Author
Nurhakiim, Rizky Fadhillah
Kartika, Lindawati
Sembiring, Indra Refipal
Metadata
Show full item recordAbstract
Perguruan tinggi di Indonesia tengah mengalami tantangan dalam pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik akibat semakin banyaknya dosen yang mendekati masa pensiun, di saat jumlah mahasiswa terus mengalami peningkatan. Kondisi ini menjadikan upaya regenerasi dosen sebagai prioritas penting, di mana Gen Z muncul sebagai kelompok potensial dengan karakteristik dan ekspektasi kerja yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan employee engagement dosen Gen Z sebagai strategi dalam mempertahankan talenta muda dan memberikan kontribusi optimal bagi keberlanjutan perguruan tinggi. Metode yang digunakan yaitu analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil menunjukkan bahwa faktor paling berpengaruh adalah career growth opportunity, dengan aktor yang paling berperan yaitu pimpinan Perguruan Tinggi dan tujuan prioritas yang ingin dicapai yaitu meningkatkan retensi dan mengurangi turnover. Strategi yang dinilai paling efektif adalah Adaptive Career Acceleration Program.
Collections
- UT - Management [3620]
