ANALISIS PENJUALAN SAPI PEDAGING PADA PERUSAHAAN PETERNAKAN CV CATUR PUTRA PERMATA
Date
2025Author
SUJATIONO, ADITIA
Dekrityana, Lucia Cyrilla Eko Nugrohowati Supriyadi
Aditia, Edit Lesa
Metadata
Show full item recordAbstract
ADITIA SUJATIONO. Analisis Penjualan Sapi Pedaging pada Perusahaan
Peternakan CV Catur Putra Permata. Dibimbing oleh LUCIA CYRILLA ENSD
dan EDIT LESA ADITIA.
Sapi pedaging merupakan salah satu komoditas penting dalam sektor
peternakan yang berperan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,
khususnya daging sapi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penjualan sapi
pedaging di CV Catur Putra Permata selama periode 2023-2025, serta
mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode yang digunakan
adalah analisis deskriptif kuantitatif, Data dikumpulkan melalui wawancara dan
berdasarkan catatan penjualan atau pembukuan di perusahaan. Hasil penelitian
menunjukkan jumlah dan nilai penjualan sapi pedaging mengalami peningkatan
setiap tahunnya. Kenaikan penjualan sapi pada tahun 2023- 2024 (104,76%),
kemudian pada tahun 2024-2025 menjadi (13,95%). Faktor-faktor yang
memengaruhi penjualan meliputi bobot sapi, harga beli, strategi pemasaran, waktu
penjualan, lokasi kandang dan moda transportasi. Sapi dengan bobot 300- 350 kg-1
merupakan sapi yang paling banyak diminati oleh pembeli. Strategi pemasaran
dengan menggunakan platform media sosial cukup efektif untuk menarik perhatian
konsumen, dan menjangkau pasar secara luas. Waktu penjualan yang tepat,
terutama pada saat menjelang Idul Adha dapat meningkatkan volume penjualan.
Penelitian ini menunjukan bahwa manajemen usaha yang tersusun dengan baik
seperti memperhatikan kualitas ternak yang akan dijual, promosi, follow up, harga
yang bersaing, dan sesuai permintaan pasar berpengaruh terhadap peningkatan
voume penjualan.
