Show simple item record

dc.contributor.advisorRiany, Yulina Eva
dc.contributor.advisorIslamiah, Nur
dc.contributor.authorSAUSAN, NISRINA
dc.date.accessioned2025-10-08T04:32:46Z
dc.date.available2025-10-08T04:32:46Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171252
dc.description.abstractDi era digital, cyberbullying semakin meluas sebagai salah satu bentuk kekerasan berbasis teknologi di kalangan siswa sekolah. Penelitian ini menganalisis pengaruh emotion dysregulation, moral disengagement, dan tekanan teman sebaya terhadap perilaku cyberbullying pada 198 siswa SMP dan SMA di Jakarta Selatan yang dipilih melalui cluster random sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis dengan statistik deskriptif, korelasi, uji t, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen maupun cyberbullying berada pada kategori sedang, serta terdapat hubungan positif signifikan antarvariabel. Analisis regresi menunjukkan bahwa secara keseluruhan ketiga variabel berpengaruh positif terhadap cyberbullying. Berdasarkan jenjang pendidikan, pada siswa SMP moral disengagement tidak berpengaruh signifikan, sedangkan pada siswa SMA tekanan teman sebaya tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, jenis kelamin, durasi penggunaan media sosial, dan pendidikan ibu juga berpengaruh signifikan, dengan skor laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Emotion Dysregulation, Moral Disengagement, dan Tekanan Teman Sebaya terhadap Cyberbullying Siswa SMP dan SMAid
dc.title.alternative
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordcyberbullyingid
dc.subject.keywordemotion dysregulationid
dc.subject.keywordmoral disengagementid
dc.subject.keywordpeer pressureid
dc.subject.keywordjunior high schoolid
dc.subject.keywordsenior high schoolid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record