Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Purchase Intention Makeup Halal pada Generasi Z di Kota Bekasi
Date
2025Author
Ginting, Siti Nur Alfiana
Hasanah, Neneng
Achsani, Muhammad Nur Faaiz F.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penggunaan kosmetik dikalangan Generasi Z terus meningkat, termasuk di Kota Bekasi yang memiliki tingkat pengeluaran kosmetik tertinggi kedua nasional, meskipun demikian kesadaran akan kehalalan produk kosmetik masih rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat beli makeup halal pada Generasi Z di Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) untuk menganalisis bagaimana pembelian makeup halal terbentuk. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan analisis Partial Least Square – Structural Equation Model (PLS-SEM), penelitian ini melibatkan 168 responden Generasi Z di Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas, harga, utilitarian value, kualitas produk, halal awareness, dan halal knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi pembelian makeup halal.
Collections
- UT - Syariah Economic [556]
