| dc.description.abstract | Industri restoran merupakan salah satu bentuk usaha ekonomi yang memiliki prospek bagus, bahkan dalam kondisi krisis sekalipun. Pertumbuhan GDP sub-sektor restoran yang berkisar lima persen per tahun, perubahan pola makan masyarakat kota yang gemar makan di luar, dan jumlah penduduk Indonesia yang besar merupakan daya tarik yang mendorong berbagai kalangan pengusaha untuk melakukan investasi atau diversifikasi bisnis ke bidang restoran.
Keberhasilan usaha di bidang pelayanan makanan dan minuman ini sangat ditentukan oleh kemampuan meningkatkan pertumbuhan pelanggannya. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis restoran, namun secara umum faktor yang paling mendasar adalah kualitas cita rasa (taste) yang sesuai dengan selera masyarakat dan pemilihan lokasi yang tepat. Banyak restoran yang berhasil merambah ke berbagai kota di Indonesia lebih menonjolkan cita rasa sebagai faktor utamanya. Konsistensi cita rasa sangat penting karena restoran yang mempunyai jaringan banyak harus menyajikan mutu cita rasa makanan yang sama (standar).
Restoran seafood Rasane (Rasane) beroperasi sejak bulan Agustus 2002 dan merupakan restoran yang memfokuskan pada penjualan makanan berbasis hasil laut. Kinerja Rasane selama tiga tahun pertama belum memuaskan karena belum mencapai titik impas (break even), yang disebabkan oleh tingkat pertumbuhan penjualan yang belum memadai akibat rendahnya tingkat pertumbuhan pelanggan. Di sisi lain terdapat deviasi yang cukup besar atas penjualan berbagai jenis menu makanan yang ditawarkan kepada pelanggan. Alasan tersebut yang menjadi latar belakang dan permasalahan bagi manajemen Rasane dalam mengembangkan usaha restoran yang sudah dirintis.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis karakteristik konsumen Rasane, (2) menganalisis preferensi konsumen terhadap produk masakan Rasane, (3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam mengunjungi restoran, dan (4) merumuskan alternatif strategi pemasaran untuk pengembangan Rasane. Penelitian difokuskan pada aspek perilaku konsumen Rasane dengan penekanan pada preferensi konsumen terhadap makanan hasil laut. Sedangkan untuk memberikan gambaran segmentasi pasar, dilakukan analisis terhadap profil pengunjung Rasane. Atribut-atribus restoran yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengunjungi Rasane merupakan bagian lain yang ikut dianalisa.
Penelitian dilakukan pada dua restoran seafood Rasane yaitu di cabang Taman Ratu dan Taman Palem, Jakarta Barat. Waktu penelitian berlangsung dari buta April dan Mei 2006. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner secara langsung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 125 responden yang dilakukan pada hari biasa.....dst. | id |