Analisis Perilaku Konsumen Sepeda Motor Di Wilayah Banten
View/ Open
Date
2006-07-11Author
Ridhaswara, Elfa
Kirbrandoko
Suharjo, Budi
Metadata
Show full item recordAbstract
Jumlah penduduk yang terus berkembang di Indonesia serta mulai berdirinya Propinsi Propinsi baru juga membuat terbukanya peluang pasar pasar baru untuk industri otomotif. Propinsi Banten adalah salah satu Propinsi termuda Indonesia, dengan kondisi Geografis Banten saat ini dimana luas lahan secara keseluruhan adalah 9.160.7 km2 akan menjadi potensi pasar tersendiri untuk industri transportasi. Melihat infrastruktur pendukung seperti kondisi jalan, lebar jalan maka alat transportasi yang bisa menjadi solusi adalah kendaraan roda dua atau sepeda motor. Potensi pasar untuk sepeda motor masih sangat besar, hal ini bisa dilihat dari tingkat kepadatan sepeda motor di wilayah Banten. Tingkat kepadatan sepeda motor di wilayah Banten adalah 1:18, dimana satu buah sepeda motor digunakan oleh 18 orang, perhitungan ini didapat dari perbandingan jumlah penduduk Banten sebesar 9 juta jiwa dengan jumiah sepeda motor yang terdaftar di Banten sebanyak 500.000 unit.
Pemain dalam industri sepeda motor sangat beragam, merek-merek sepeda motor yang pada masa dahulu hanya dikuasai oleh merek - merek dari Jepang saat ini sudah mulai diramaikan oleh merek merek dari Korea, Taiwan dan China. Dari masing-masing merek juga terdapat varian atau jenis-jenis sepeda motor, mulai dari varian wama, kapasitas mesin sampai dengan model.
Dengan beragamnya merek dan jenis sepeda motor yang ditawarkan kepada pasar maka untuk dapat memenangkan pasar diperlukan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan karakter wilayah Banten. Pengenalan perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor akan menjadi modal yang besar untuk bisa meningkatkan pangsa pasar. Perilaku konsumen akan membantu pemasar dalam menyesuaikan keinginan konsumen terhadap produk yang dimiliki pemasar, sehingga segala macam bentuk aktivitas pemasaran dapat disesuaikan dengan kondisi dan karakter konsumen yang pada akhimya akan dapat mencapai hasil yang lebih maksimal.
Salah satu merek dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia dan di Banten adalah HONDA, sepeda motor merek Jepang ini sudah tiga dekade lebih terjun di dalam industri otomotif Indonesia. Berbagai macam jenis, tipe dan varian sepeda motor sudah dikeluarkan oleh HONDA, bahkan ditahun 2005 produksi HONDA secara nasional sudah mencapai angka 15.000.000.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis segmentasi konsumen, (2) Menganalisis perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor, (3) Mengevaluasi kinerja atribut merek merek sepeda motor, (4) Merumuskan strategi pemasaran dengan mengacu kepada perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor. Penelitian dilakukan dengan.....dst.
Collections
- MT - Business [4039]
