Pengaruh Religiusitas, Subjective Norms, dan Halal Awareness terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan UMKM Berlabel Halal pada Generasi Z
Abstract
Tingginya populasi Muslim di Indonesia membuat isu halal menjadi hal penting. Namun, masih terdapat produk makanan UMKM yang belum memiliki label halal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh religiusitas, subjective norms, dan halal awareness terhadap keputusan pembelian produk makanan
UMKM berlabel halal. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study. Populasi pada penelitian ini Generasi Z Muslim Jabodetabek. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 191 responden yang diperoleh dari teknik pengambilan voluntary sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring menggunakan google form. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan uji korelasi menggunakan SPSS 25.0, serta analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS. Uji korelasi menunjukkan karakteristik responden tidak
memiliki hubungan signifikan dengan keputusan pembelian. Penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, subjective norms dapat menjadi faktor yang memengaruhi keputusan pembelian. Halal awareness tidak memediasi pengaruh religiusitas dan subjective norms terhadap keputusan pembelian. Temuan ini
menegaskan bahwa pengetahuan agama membentuk perilaku dalam pembelian produk makanan.
