View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Religiusitas, Subjective Norms, dan Halal Awareness terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan UMKM Berlabel Halal pada Generasi Z

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (2.427Mb)
      Fulltext (3.347Mb)
      Lampiran (2.136Mb)
      Date
      2025
      Author
      Amalia, Nadira
      Johan, Irni Rahmayani
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tingginya populasi Muslim di Indonesia membuat isu halal menjadi hal penting. Namun, masih terdapat produk makanan UMKM yang belum memiliki label halal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh religiusitas, subjective norms, dan halal awareness terhadap keputusan pembelian produk makanan UMKM berlabel halal. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study. Populasi pada penelitian ini Generasi Z Muslim Jabodetabek. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 191 responden yang diperoleh dari teknik pengambilan voluntary sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring menggunakan google form. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan uji korelasi menggunakan SPSS 25.0, serta analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS. Uji korelasi menunjukkan karakteristik responden tidak memiliki hubungan signifikan dengan keputusan pembelian. Penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas, subjective norms dapat menjadi faktor yang memengaruhi keputusan pembelian. Halal awareness tidak memediasi pengaruh religiusitas dan subjective norms terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa pengetahuan agama membentuk perilaku dalam pembelian produk makanan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/171099
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [1535]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository