| dc.description.abstract | PT. Bintang Toedjoe sebagai salah satu perusahaan farmasi yang berdiri sejak tahun 1946, menawarkan minuman suplemen kesehatan dan obat-obatan yang dijual bebas (over the counter-OTC) dengan merek-merek yang sudah dikenal masyarakat Indonesia, seperti Extra Joss, Komix, Waisan, Obat Sakit Kepala No.16 dan Irex. Salah satu produk andalan adalah Extra Joss yang diposisikan sebagai minuman suplemen kesehatan yang berfungsi sekaligus sebagai minuman penambah energi. Produk Extra Joss yang paling banyak dipasarkan adalah dalam kemasan sachet. Untuk minuman cair, merek yang digunakan adalah Extra Joss X dalam kemasan kaleng 250 ml.
Dalam perkembangannya PT Bintang Toedjoe juga terus mengembangkan produk dan proses yang baru dengan melakukan riset dan pengembangan yang terus menerus dan konsisten. Tingkat persaingan yang semakin ketat dan ditambah beragamnya tuntutan dari pasar atau konsumen yang ada, PT. Bintang Toedjoe berusaha menjaga kualitas produk yang dihasilkan dan senantiasa melakukan inovasi secara terus menerus untuk menghasilkan produk-produk kesehatan, terutama Extra Joss yang sesuai dengan tuntutan atau keinginan konsumen. Indikator suatu produk sesuai dengan keinginan konsumen adalah jika produk tersebut dapat diterima oleh pasar, dan bagi perusahaan adalah adanya peningkatan volume penjualan, perluasan daerah distribusi serta bertambahnya penerimaan keuntungan.
Tuntutan konsumen akan produk bermutu mengharuskan perusahaan mengambil langkah besar dengan berinvestasi pada proses produksi, misalnya dengan membeli mesin pengemas modern, mesin penimbang bahan baku, serta melakukan berbagai inovasi untuk menciptakan produk-produk baru seiring dengan perkembangan pasar. Banyak kendala yang dihadapi oleh PT. Bintang Toedjoe dalam mempertahankan keunggulan produk-produk yang dihasilkan untuk masa-masa yang akan datang seperti kasus-kasus penipuan atau pemalsuan terhadap produk Extra Joss dan produk-produk lainnya. Juga banyaknya produk-produk minuman kesehatan baru yang dijual bebas di pasar Indonesia dan bisa menjadi kompetitor langsung maupun tidak langsung terhadap produk Extra Joss.
Oleh sebab itu, untuk mengoptimalkan kegiatan operasional perusahaan dapat dilakukan dengan penerapan manajemen teknologi yang mencakup komponen perangkat teknologi (technoware), perangkat sumber daya manusia (humanware), perangkat teknologi informasi (inforware) dan perangkat organisasi perusahaan (orgaware).....dst. | id |