Pengaruh Live Streaming, Affiliate Marketing dan Online Customer Review Terhadap Purchasing Decision Produk Sattka Basic (Studi Kasus Customer Engagement Gen Z Pada Aplikasi TikTok).
Abstract
Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah meningkatkan penggunaan media sosial TikTok. TikTok telah bertransfromasi menjadi e-commerce melalui TikTok Shop dengan fitur live streaming, affiliate marketing, dan online customer review (OCR) yang dinilai mampu mendorong keputusan pembelian pelanggan. Sattka Basic sebagai industri fashion muslim memanfaatkan TikTok sebagai strategi pemasaran produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming, affiliate marketing, dan OCR terhadap purchasing decision melalui customer engagement pada perempuan Gen Z di wilayah Jabodetabek. Penelitian dilakukan pada bulan Februari–Juli 2025 dengan pendekatan kuantitatif terhadap 240 responden yang ditentukan menggunakan teknik non-porbability sampling melalui pendekatan quota sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming dan affiliate marketing berpengaruh positif signifikan terhadap purchasing decision baik secara langsung maupun melalui customer engagement, sedangkan OCR hanya berpengaruh secara langsung tanpa adanya peran mediasi dari customer engagement.
Collections
- UT - Management [3620]
