Strategi Manajemen Persediaan Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya dan Waktu Pada Coffee Shop D’KOPIKAP
Abstract
D’KOPIKAP adalah UMKM berupa coffee shop yang menjual berbagai jenis minuman kopi lokal dan minuman modern. Coffee shop ini memiliki masalah utama pada penurunan pendapatan akibat Covid-19, bahan baku menumpuk dan tingginya biaya manajemen persediaan. D’KOPIKAP juga tidak memiliki standar operasional prosedur optimal untuk manajemen persediaannya. Berdasarkan masalah ini, penelitian bertujuan untuk 1) mengidentifikasi manajemen persediaan yang diterapkan, 2) menganalisis model manajemen persediaan dengan pendekatan metode MRP, 3) membandingkan total biaya persediaan dan frekuensi pemesanan antara metode perusahaan terhadap metode MRP, serta 4) mengkaji model dan menyusun implikasi manajerial dari model yang dirumuskan untuk manajemen persediaan D’KOPIKAP. Metode yang digunakan adalah analisis ABC dan MRP. Hasil penelitian ini menunjukkan metode MRP dapat mengurangi frekuensi pemesanan bahan baku sebanyak 55% dan menghemat biaya persediaan sebanyak 43% dalam satu tahun periode persediaan. Penelitian ini menghasilkan kajian model manajerial yang dapat diadopsi oleh D’KOPIKAP dan usaha coffee shop lainnya untuk menjamin persediaan bahan baku.
Collections
- UT - Business [597]
