Show simple item record

dc.contributor.advisorDefina
dc.contributor.advisorRizkillah, Risda
dc.contributor.authorSasono, Amirullah Adi
dc.date.accessioned2025-08-28T08:17:20Z
dc.date.available2025-08-28T08:17:20Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170813
dc.description.abstractMahasiswa tahun pertama menghadapi tantangan adaptasi akademik yang dapat memengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan interaksi keluarga, dukungan sosial, dan strategi koping dengan prestasi akademik mahasiswa S1 tahun pertama di IPB University. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi keluarga yang harmonis, dukungan sosial yang memadai, dan strategi koping adaptif berhubungan positif dengan prestasi akademik, sedangkan strategi koping maladaptif cenderung berhubungan negatif. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa kombinasi faktor keluarga, sosial, dan koping adaptif mendukung keberhasilan akademik mahasiswa sebaliknya strategi koping maladaptif menurunkan keberhasilan prestasi akademik mahasiswa di tahun pertama.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleHUBUNGAN INTERAKSI KELUARGA, DUKUNGAN SOSIAL, DAN STRATEGI KOPING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI TAHUN PERTAMAid
dc.title.alternative
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordakademikid
dc.subject.keyworddukungan sosialid
dc.subject.keywordinteraksi keluargaid
dc.subject.keywordStrategi kopingid
dc.subject.keywordmahasiswaid
dc.subject.keywordprestasiid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record