HUBUNGAN INTERAKSI KELUARGA, DUKUNGAN SOSIAL, DAN STRATEGI KOPING DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI TAHUN PERTAMA
Abstract
Mahasiswa tahun pertama menghadapi tantangan adaptasi akademik yang dapat memengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan interaksi keluarga, dukungan sosial, dan strategi koping dengan prestasi akademik mahasiswa S1 tahun pertama di IPB University. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi keluarga yang harmonis, dukungan sosial yang memadai, dan strategi koping adaptif berhubungan positif dengan prestasi akademik, sedangkan strategi koping maladaptif cenderung berhubungan negatif. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa kombinasi faktor keluarga, sosial, dan koping adaptif mendukung keberhasilan akademik mahasiswa sebaliknya strategi koping maladaptif menurunkan keberhasilan prestasi akademik mahasiswa di tahun pertama.
