View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pembelian Impulsif Collectible Art Toys: Pengaruh Media Sosial, FoMO, Materialisme, dan Motivasi Hedonis pada Generasi Z

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (619.3Kb)
      Fulltext (1.320Mb)
      Lampiran (397.3Kb)
      Date
      2025
      Author
      Mangali, Azizah Inayah Daeng
      Yuliati, Lilik Noor
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Generasi Z dikenal memiliki kecenderungan terhadap perilaku pembelian impulsif. Collectible art toys menjadi salah satu produk tren yang diminati, seiring meningkatnya eksposur terhadap budaya digital dan tren visual. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penggunaan media sosial, fear of missing out, materialisme, dan motivasi hedonis terhadap pembelian impulsif. Penelitian menggunakan desain cross-sectional melibatkan 207 contoh Generasi Z yang aktif menggunakan media sosial dan pernah membeli collectible art toys dalam satu tahun terakhir. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, korelasi, dan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa usia dan pendapatan merupakan karakteristik yang berhubungan signifikan dengan sebagian besar variabel penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa FoMO, materialisme, dan motivasi hedonis menjadi faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif collectible art toys. Penggunaan media sosial dan materialisme memiliki pengaruh tidak langsung terhadap pembelian impulsif collectible art toys melalui motivasi hedonis. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan pengembangan strategi edukasi konsumen untuk mendorong pengambilan keputusan pembelian yang lebih bijak oleh Generasi Z.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170785
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [1535]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository