Pengaruh Karakteristik dan Psikologi Pemain Game terhadap Pembelian Microtransaction Pada Game XYZ dengan Fanatisme sebagai Variabel Moderasi
Date
2025Author
Hasan, Thafih Anwarul
Suroso, Arif Imam
Widhiani, Anita Primaswari
Metadata
Show full item recordAbstract
THAFIH ANWARUL HASAN. Pengaruh Karakteristik dan Psikologi Pemain Game terhadap Pembelian Microtransaction pada Game XYZ dengan Fanatisme sebagai Variabel Moderasi. Dibimbing oleh ARIF IMAM SUROSO dan ANITA PRIMASWARI WIDHIANI.
Game XYZ adalah game bergenre horor dan petualangan yang menghadapi permasalahan yaitu pemain game lebih sedikit tapi aktif dan harga unduhan lebih mahal dari pesaing. microtransaction digunakan sebagai sumber pendapatan tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil pemain game, menganalisis pengaruh karakteristik dan psikologi pemain game terhadap pembelian microtransaction dengan fanatisme sebagai variabel moderasi, serta memberikan rekomendasi bagi pengembang game. Pengumpulan data dilakukan melalui survei yang disebarkan lewat akun Discord Game XYZ menggunakan metode probability sampling dan teknik simple random sampling. Jumlah minimal responden adalah
120. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, uji tabulasi silang, dan SEM- PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik dan psikologi pemain memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pembelian microtransaction. Strategi yang disarankan pada aspek karakteristik adalah Battle pass / Season pass. Sementara, pada aspek psikologi disarankan Booster / Utility pack.
Collections
- UT - Business [597]
