Riset Pengaruh Digital Nudge Misi Tanam Pohon terhadap Pengguna E-Commerce dalam Membentuk Konsumsi yang Bertanggung Jawab
Date
2025Author
APRILIA, DINDA REGISTA
Ahmad, Hafidlotul Fatimah
Nurhadryani, Yani
Metadata
Show full item recordAbstract
Di balik kenyamanan belanja daring terdapat tantangan lingkungan yang signifikan yakni peningkatan limbah plastik dan polusi dari kendaraan kurir paket. Dibutuhkan adanya pendekatan untuk mendorong perilaku konsumsi yang lebih
bertanggung jawab. Pengaruh digital nudge Misi Tanam Pohon diimplementasikan oleh platform e-commerce Si Biru terhadap sikap (attitudinal) dan perilaku (behavioral) pengguna bertujuan untuk membentuk konsumsi yang bertanggung jawab. Metode yang digunakan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif melalui kuesioner SRPD (Socially Responsible Purchase and Disposal), uji pengguna (user testing), dan wawancara semi-terstruktur. Sebanyak 18 responden dilibatkan dalam penelitian. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki kepedulian terhadap isu lingkungan, tetapi belum terlibat aktif dalam mengikuti Misi Tanam Pohon sebagai fitur digital nudge. Pengaruh fitur tersebut dinilai belum cukup menonjol dari sisi desain maupun komunikasi visual dalam membentuk konsumsi yang bertanggung jawab.
