Strategi Pengembangan Bisnis Bibit Kelapa Sawit PT Perkebunan Nusantara IV Regional III dengan Pendekatan VRIO
Date
2025Author
Utami, Shakilla Indah
Shalihati, Fithriyyah
Widhiani, Anita Primaswari
Metadata
Show full item recordAbstract
Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi dengan luas perkebunan kelapa sawit mencapai 37,7% dari luas nasional. Kondisi ini memberikan peluang bagi pihak yang memiliki kapasitas dalam produksi bibit kelapa sawit. Persaingan antar perusahaan pembibitan di Provinsi Riau mengakibatkan perusahaan harus berupaya dalam menciptakan keunggulan kompetitif berkelanjutan untuk mempertahankan posisi di industri ini. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi sumber daya dan kapabilitas PT Perkebunan Nusantara IV Regional III dalam bisnis bibit kelapa sawit, analisis dilakukan dengan kerangka VRIO, serta merumuskan strategi yang relevan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara terhadap 3 narasumber internal perusahaan, serta data sekunder berupa literatur ilmiah dan dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 elemen yang dikategorikan sebagai sumber keunggulan kompetitif berkelanjutan karena memenuhi seluruh kriteria VRIO. Berdasarkan analisis tersebut, diformulasikan sebanyak 6 rekomendasi strategi sesuai sumber keunggulan bersaing berkelanjutan.
Collections
- UT - Business [597]
