Show simple item record

dc.contributor.advisorArsyianti, Laily Dwi
dc.contributor.authorMarcellina, Aaliya
dc.date.accessioned2025-08-27T06:55:55Z
dc.date.available2025-08-27T06:55:55Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170594
dc.description.abstractKesadaran masyarakat Indonesia terhadap produk halalan-thayyiban terus meningkat tetapi pasar rakyat halal hingga saat ini belum memiliki definisi yang komprehensif untuk menjadi acuan pengembangan. Sebagian besar pasar rakyat belum memenuhi standar halal secara menyeluruh sehingga diperlukan konsep yang sesuai dengan karakteristik masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan merumuskan konsep pasar rakyat halal melalui metode analisis tematik, analisis isi, dan Analytical Network Process (ANP) untuk memetakan prioritas kriteria dan alternatif konsep. Hasil penelitian mengidentifikasi empat kriteria utama, produk, manajemen pasar, ekosistem, dan transaksi. Tiga alternatif konsep yang menyatakan bahwa Pasar Rakyat Ramah Muslim menjadi prioritas dan dinilai paling sesuai diterapkan sebagai model awal pengembangan pasar rakyat halal. Temuan ini diharapkan menjadi acuan strategis bagi kebijakan dan pengembangan pasar rakyat halal di Indonesia secara berkelanjutan.
dc.description.abstractAwareness of products among Indonesian consumers has grown significantly, however, the halal market still lacks a standardized definition that can serve as a reference for its development. Most traditional markets have not comprehensively met halal standards, necessitating a conceptz. This research aims to formulate a halal market concept through thematic analysis, content analysis, and Analytical Network Process (ANP) analysis to map the priority criteria and alternative concepts. The research results identified four primary criteria, products, market management, ecosystem, and transactions. Three alternative concepts developed, the Muslim-Friendly Market emerged as the priority and most suitable to be implemented as an initial model for halal market development. These findings are expected to serve as a strategic reference for policy-making and sustainable halal market development in Indonesia.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleFormulasi Konsep Pasar Rakyat Halalid
dc.title.alternativeFormulation of Halal Market Concept
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordAnalytical Network Process (ANP)id
dc.subject.keywordkesadaran konsumenid
dc.subject.keywordpasar rakyatid
dc.subject.keywordproduk halalid
dc.subject.keywordrantai nilai halalid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record