Kaji Terap Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Pakcoy Organik di Agribusiness and Technology Park
Abstract
Agribusiness and Technology Park mengalami permasalahan pada penjualan pakcoy organik yang tidak mengalami perkembangan. Tujuan penelitian ini menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian, menganalisis sikap
konsumen pada atribut pakcoy organik dan menganalisis kelayakan usaha dari bisnis pakcoy organik. Metode analisis sikap konsumen menggunakan multriatribut Fishbein. Hasil skor sikap konsumen pakcoy organik sebesar 89,05 menunjukan bahwa pakcoy organik dinilai baik oleh konsumen. Atribut yang dinilai penting oleh konsumen adalah kesegaran dan daya tahan yangmemiliki nilai tertinggi.
Prioritas utama yang perlu diperbaiki adalah harga dan kemasan. Analisis finansial menunjukkan penerimaan laba bersih Rp13.257.600 dan peningkatan R/C ratio sebesar 2,9 yang menandakan strategi ini layak untuk diterapkan. The Agribusiness and Technology Park is experiencing problems with
organic pakcoy sales, which are not growing. The purpose of this study is to analyze
the purchasing decision-making process, analyze consumer attitudes towards
organic pakcoy attributes and analyze the business feasibility of the organic pakcoy
business. Consumer attitude analysis method using Fishbein's multi-attribute. The
result of the consumer attitude score for organic pakcoy is 89.05, indicating that
organic pakcoy is considered good by consumers. The attributes considered
important by consumers are freshness and durability, which have the highest scores.
The main priorities that need to be improved are price and packaging. Financial
analysis shows a net profit of Rp13.257.600 and an increase in the R/C ratio of 2,9,
which indicates that this strategy is feasible to implement.
