Show simple item record

dc.contributor.advisorRamdani, Guruh
dc.contributor.authorHAPSARI, SARA AMELIA
dc.date.accessioned2025-08-27T06:28:49Z
dc.date.available2025-08-27T06:28:49Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/170571
dc.description.abstractIklan layanan kesehatan sering menggunakan pendekatan emosional untuk menciptakan kedekatan dengan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi ketenangan dalam iklan Halodoc “Saat Situasi Terjepit, #TenangMenjaga dengan Halodoc” menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan metode deskriptif, berfokus pada tiga jenis tanda yaitu ikon, indeks, dan simbol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana ketenangan dibangun secara visual melalui struktur naratif dan ekspresi emosional dalam iklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi ketenangan ditampilkan melalui indeks berupa ekspresi wajah dan gestur tubuh, ikon berupa elemen visual yang menyerupai keseharian, serta simbol berupa teks kampanye dan logo brand. Temuan ini menunjukkan bahwa tanda-tanda visual tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga membentuk pengalaman emosional yang memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada audiens.
dc.description.abstractHealth service advertisements often use emotional approaches to build a sense of closeness with the audience. This study aims to analyze the representation of calmness in Halodoc’s advertisement titled “Saat Situasi Terjepit, #TenangMenjaga dengan Halodoc” using Charles Sanders Peirce’s semiotic theory. The research employs a qualitative descriptive method, focusing on examining three types of signs: icon, index, and symbol. This study also explores how calmness is constructed visually through narrative structure and emotional expressions throughout the advertisement. The findings show that calmness is represented through indices such as facial expressions and gestures, icons in the form of familiar everyday visuals, and symbols, including campaign texts and brand logos. These signs not only convey information but also build emotional experiences that reinforce a sense of trust and comfort for the audience.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleRepresentasi Ketenangan Seorang Anak dalam Menjaga Ibunya dalam Iklan “Saat Situasi Terjepit, #TenangMenjaga dengan Halodoc”id
dc.title.alternativeThe Representation of a Child’s Calmness in Caring for His Mother in the Advertisement "Saat Situasi Terjepit, #TenangMenjaga dengan Halodoc"
dc.typeTugas Akhir
dc.subject.keywordAdvertisementid
dc.subject.keywordRepresentationid
dc.subject.keywordCalmnessid
dc.subject.keywordSemioticsid
dc.subject.keywordCharles Sanders Peirceid
dc.subject.keywordIconid
dc.subject.keywordIndexid
dc.subject.keywordSymbolid
dc.subject.keywordHalodocid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record