Model Rancangan Teknologi IoT dalam Sistem Parkir di Sekolah Vokasi IPB
Abstract
Penelitian ini membahas perancangan model sistem parkir pintar berbasis
Internet of Things (IoT) di lingkungan Sekolah Vokasi IPB dengan memanfaatkan
teknologi Radio-Frequency Identification (RFID) dan mikrokontroler ESP32.
Tujuan utamanya adalah meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan
pengelolaan area parkir. Sistem yang dirancang memanfaatkan sensor infrared
untuk deteksi kendaraan, modul RFID untuk otorisasi akses, serta integrasi web dan
aplikasi telegram sebagai media pemantauan dan notifikasi secara real-time. Proses
penelitian meliputi studi literatur, analisis kebutuhan, perancangan, pengujian, serta
analisis kinerja sistem. Hasil pengujian menunjukkan tingkat akurasi sensor
infrared mencapai 97,8% dengan tingkat kesalahan 2,2%, serta respon otorisasi
akses yang cepat meskipun dipengaruhi oleh kualitas jaringan. Sistem ini terbukti
mampu memberikan akses parkir otomatis bagi pengguna yang terdaftar,
mengirimkan notifikasi status parkir, serta mencatat data masuk dan keluar
kendaraan secara terintegrasi. Rancangan ini berpotensi untuk dikembangkan lebih
lanjut dengan penambahan fitur keamanan, optimasi perangkat keras, dan
skalabilitas untuk area parkir yang lebih luas. This study discusses the design of a smart parking system model based on the
Internet of Things (IoT) at the IPB Vocational School, utilizing Radio-Frequency
Identification (RFID) technology and the ESP32 microcontroller. The main
objective is to improve the efficiency, security, and convenience of parking area
management. The system is designed using infrared sensors for vehicle detection,
RFID modules for access authorization, and integration with a web platform and
the telegram application for real-time monitoring and notifications. The research
process includes literature review, needs analysis, system design, testing, and
performance evaluation. Test results show that the infrared sensor achieved an
accuracy rate of 97.8% with an error rate of 2.2%, and the access authorization
response was fast despite being affected by network quality. The system proved
capable of providing automatic parking access for registered users, sending parking
status notifications, and recording vehicle entry and exit data in an integrated
manner. This design has the potential to be further developed by adding advanced
security features, optimizing hardware performance, and improving scalability to
support larger parking areas.
