Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Minum Rempah Indonesia Pada Generasi Z
Abstract
Pandemi COVID-19 telah menjadi pemicu dalam meningkatnya kesadaran
masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan. Berdasarkan hasil survei Global
Consumer Insights yang dilakukan oleh PricewaterhouseCoopers (PwC) pada tahun
2020 terjadi peningkatan belanja konsumen pada produk kesehatan selama pandemi
COVID-19. Di tengah kebangkitan tren konsumsi jamu selama pandemi, Minum
Rempah Indonesia (MRI) hadir sebagai inovasi dalam industri jamu modern.
Penjualan produk MRI sepanjang tahun 2024 menunjukkan fluktuasi antara target
dan realisasi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tahapan
proses keputusan pembelian dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran
terhadap keputusan pembelian konsumen Generasi Z di kedai MRI. Data yang
digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan
jumlah responden sebanyak 160 orang. Data dianalisis menggunakan analisis
deskriptif dan metode SEM-PLS dengan bantuan software SmartPLS 4. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel proses dan bukti fisik berpengaruh
signifikan sedangkan variabel produk, harga, tempat, promosi dan orang tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Generasi Z. Oleh karena itu,
pihak MRI disarankan untuk mempertahankan kinerja pada aspek proses, sekaligus
menjadikan bukti fisik sebagai fokus utama perbaikan dalam mendorong keputusan
pembelian konsumen Generasi Z.
Collections
- UT - Agribusiness [4765]
