Pengaruh Social Media Marketing, Inovasi Produk, Brand image, dan Parent brand reputation terhadap Keputusan Pemilihan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
Date
2025Author
Puspita, Aprilia
Sumarwan, Ujang
Simanjuntak, Megawati
Metadata
Show full item recordAbstract
Peningkatan jumlah lembaga PAUD yang tidak sebanding dengan jumlah peserta didiknya menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam menerima peserta didik baru. Dalam konteks ini, pemasaran media sosial, inovasi produk, dan reputasi merek orangtua menjadi determinan strategis dalam pengambilan keputusan orangtua saat memilih lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap keputusan memilih sekolah, dengan citra merek sebagai variabel intervening. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah menganalisis pengaruh social media marketing, inovasi produk, parent brand reputation, dan brand image terhadap keputusan memilih TK ABC dan TK XYZ.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 64 orangtua peserta didik TK ABC dan TK XYZ. Selain itu juga digunakan data panel yang diperoleh dari masing-masing sekolah. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation (SEM-PLS) dengan SmartPLS dan SPSS untuk menganalisis uji deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa reputasi merek induk memiliki hubungan dan pengaruh positif yang signifikan terhadap citra merek dan keputusan memilih TK ABC dan TK XYZ. Hasil tersebut bermakna bahwa semakin baik reputasi merek induk TK ABC dan TK XYZ maka semakin baik pula citra merek dan keputusan memilih TK ABC dan TK XYZ. Pemasaran media sosial dan inovasi produk tidak berpengaruh terhadap keputusan memilih secara langsung maupun tidak langsung melalui citra merek. Media sosial tidak hanya sebagai alat promosi tetapi juga sarana membangun keterikatan emosional dengan calon orang tua siswa. Reputasi dan citra sekolah harus dikelola secara konsisten dengan cara mempublikasikan prestasi siswa, testimoni orang tua, dan layanan yang prima. Hal ini penting untuk memperkuat persepsi positif di masyarakat. The increase in the number of PAUD institutions that is not comparable to the number of students has caused an intensification of competition in accepting new students. In this context, social media marketing, product innovation, and parent brand reputation become strategic determinants in parents' decision-making when choosing an educational institution. This study aims to test the influence of these three variables on the decision to choose a school, with brand image as an intervening variable. The objectives to be achieved through this research are to analyze the influence of social media marketing, product innovation, parent brand reputation, and brand image on the decision to choose TK ABC and TK XYZ.
This study uses a quantitative approach with a survey method on 64 parents of TK ABC and TK XYZ students. In addition, panel data obtained from each school is also used. Data was analyzed using a Partial Least Square Structural Equation (SEM-PLS) with SmartPLS and SPSS to analyze descriptive tests. Based on the study's results, it is known that parent brand reputation has a significant positive relationship and influence on brand image and the decision to choose TK ABC and TK XYZ.
These results mean that the better the parent brand reputation of TK ABC and TK XYZ, the better the brand image and the decision to choose TK ABC and TK XYZ. Social media marketing and product innovation did not influence the decision to choose directly or indirectly through brand image. Social media is not only a promotional tool but also a means of building emotional attachment with prospective parents of students. The school’s reputation and image must be managed consistently by publishing student achievements, parent testimonials, and excellent service. This is important to strengthen positive perceptions in the community.
Collections
- MT - Business [4039]
