| dc.contributor.advisor | Renanti, Medhanita Dewi | |
| dc.contributor.author | APRILIAN, ADELIA TRI | |
| dc.date.accessioned | 2025-08-20T03:38:00Z | |
| dc.date.available | 2025-08-20T03:38:00Z | |
| dc.date.issued | 2025 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/169888 | |
| dc.description.abstract | PT Ratu Bio Indonesia masih mengandalkan metode komunikasi
konvensional untuk layanan konsultasi maklon, yang sering kali mengakibatkan
keterlambatan respons dan informasi yang kurang jelas. Pendekatan pengembangan
yang dipilih adalah metode iteratif untuk memastikan adaptasi terhadap kebutuhan
yang berubah. Hasil penelitian meliputi pembuatan fitur chat dengan activity
diagram, struktur data, dan skema aktivitas, serta pengembangan menggunakan
Laravel 10 dan Chatify untuk komunikasi instan, ditambah pengujian fungsional
yang mengkonfirmasi kinerja chat dan FAQ. Penelitian ini menitikberatkan pada
optimalisasi proses konsultasi maklon dan minimalkan miskomunikasi. Fitur chat
memungkinkan respons lebih. Dianjurkan untuk melakukan perawatan berkala agar
sistem berjalan dengan lancar. | |
| dc.description.abstract | PT Ratu Bio Indonesia still relies on conventional communication methods
for its manufacturing consulting services, which often results in response delays
and unclear information. The development approach chosen is an iterative method
to ensure adaptation to changing needs. The research included the creation of a chat
feature with activity diagrams, data structures, and activity schemas, and
development using Laravel 10 and Chatify for instant communication, plus
functional testing that confirmed the performance of the chat and FAQ. This
research focuses on optimizing the process of clone consultation and minimizing
miscommunication. The chat feature allows for more responsiveness. Regular
maintenance is recommended to keep the system running smoothly. | |
| dc.description.sponsorship | | |
| dc.language.iso | id | |
| dc.publisher | IPB University | id |
| dc.title | Pembuatan Fitur Chat Layanan Konsultasi Maklon pada Website E-Commerce PT Ratu Bio Indonesia | id |
| dc.title.alternative | Creation of a Chat Feature for the Screen Printing Consultation Service on the PT Ratu Bio Indonesia E-Commerce Website | |
| dc.type | Tugas Akhir | |
| dc.subject.keyword | e-commerce | id |
| dc.subject.keyword | FAQ | id |
| dc.subject.keyword | maklon | id |
| dc.subject.keyword | dashboard | id |
| dc.subject.keyword | chat feature | id |